KPU Bolsel Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi DPSHP dan DPT

0

DETIKSULAWESI.COM, BOLSEL – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), menggelar rapat pleno terbuka, bertempat di Aula Kantor KPU Desa Toluaya, Kamis (15/10/2020).

Dimana, pada agenda KPU Bolsel, adalah rapat rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Dari pantauan, rapat pleno terbuka itu tetap menggunakan protokol kesehatan pencegahan covid-19, dengan Mencuci Tangan, Memakasi Masker dan Menjaga Jarak (3M).

Koordinator Divisi Data KPU, Hirsan Mohammad mengatakan, jumlah DPT di Kabupaten Bolsel untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 berjumlah 47.383 pemilih.

“Penetapan DPT ini melalui tahapan yang cukup panjang, mulai proses pencocokan dan penelitian (Coklit) kemudian melakukan rekapitulasi hasil coklit, dimana ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Sementara (DPS), secara berjenjang hingga tingkat kabupaten,” ujar Mohammad.

“Setelah ditetapkan kami lakukan uji publik. Dan diuji publik ini kami menerima beberapa usulan. Dan itu sudah diakomodir di tingkatan PPS dan di tingkatan PPK,” tambahnya.

Sebelumnya ada pleno di tingkatan PPS dan PPK. Sehingga DPT yang ditetapkan lewat Pleno KPU kemarin, diyakini sudah sangat akurat.

“Memang tidak luput dari kesalahan. Namun, hal-hal yang demikian tidak kita biarkan. Kita tetap mencari solusi. Seperti melakukan kroscek kembali ke Bawaslu Bolsel sebelum kita tetapkan sebagai DPT pada hari ini,” Jelas Hirsan.

Kendati sudah ditetapkan, jika masih ada masukan dari masyarakat, terkait wajib pilih yang terlewatkan, maka katanya bisa diakomodir dalam daftar pemilih tambahan.

“Kalau ada juga masyarakat yang pindah, maka akan masuk di daftar pemilih pindah. Intinya KPU Bolsel selalu memberikan ruang bagi setiap masyarakat yang punya hak pilih,” terangnya.

Sementara itu, Ketua KPU Bolsel Stanly Eskolano Kakunsi memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran KPU Bolsel mulai tingkat desa sampai tingkat kabupaten.

“Kita bisa sampai di titik ini karena kita bekerjas secara bersinergi. Dan kerja keras kami ini adalah untuk menciptakan data pemilih yang berkualitas di Pilkada 2020,” kuncinya.

Sekadar informasi, Pleno KPU kemarin dipimpin oleh Ketua KPU Bolsel Stanly Eskolano Kakunsi, di dampingi tiga komisioner KPU lainnya, Hirsan Mohammad, Fijey Bumulo dan Topan Boliliu.

Turut Hadir Ketua Bawaslu Bolsel Rolis Hasan didampingi Anggota Bawaslu lainnya Kifli Malonda, Kepala Dinas Dukcapil Bolsel Gunawan Otuh, perwakilan Polres Bolsel, PPK dan perwakilan Parpol.

Peliput: Ebby Makalalag

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.