Pemenang Lomba KotaBISA Award 2020 Diumumkan

0

DETIKSULAWESI.COM, KOTAMOBAGU — Pemenang lomba Kotamobagu Bersih Indah Sanitasi Aman atau yang lebih dikenal dengan KotaBISA Award tahun 2020 resmi diumumkan.

Pengumuman pemenang dilaksanakan di sela-sela pelaksanaan Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-75, Senin (18/8/2020) di Lapangan Bokihotinimbang, Kotamobagu kemarin.

Menurut Kepala Bappelitbangda Sofian Mokoginta, tahapan penilaian KotaBISA Award sudah dilaksanakan semenjak bulan Januari tahun 2020.

“Penilaian dibagi dua kategori, yaitu kategori Desa dan Kategori Kelurahan. Adapun  indikator yang dinilai yaitu terkait pengelolaan Air Limbah dan Pengelolaan Persampahan.

“Tim penilai dari anggota Pokja Sanitasi Kotamobagu yang terdiri dari OPD yang terkait langsung dengan sanitasi dan tim penilai independen dari tenaga ahli bidang sanitasi,” ungkapnya.

Sofian menerangkan, rencananya Pemerintah Kotamobagu (Pemkot) melalui Bappelitbangda akan kembali melaksanakan kegiatan yang sama tahun 2021.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi pemerintah di desa dan kelurahan agar dapat memprioritaskan kegiatan-kegiatan terkait sanitasi dalam penggunaan dana desa, alokasi dana desa, dana kelurahan sesuai kewenangan yang sudah di atur. Tahun depan desa dan kelurahan diharapkan agar bisa ikut pada pada penganugerahan ini, karena ini juga merupakan upaya Pemkot untuk menuntaskan target sanitasi yang layak untuk masyarakat di Kotamobagu,” terangnya.

Berikut dafar pemenang KotaBISA Award tahun 2020 :

Kategori Kelurahan

Juara I             : Kelurahan Motoboi Kecil

Juara II            : Kelurahan Mongkonai Barat

Juara III           : Kelurahan Biga

Kategori Desa

Juara I             : Desa Bilalang I

Juara II            : Desa Kopandakan I

Juara III           : Desa Sia

(*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.