Divisi Sar dan PB FKPA Sulut Rayakan Hut Proklamasi ke 75

0

DETIKSULAWESI.COM, MINAHASA – Dalam rangka memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 75 tahun 2020, Divisi Sar dan Penanggulangan Bencana Forum Komunikasi Pencinta Alam (PB FKPA) Sulut Ikut ambil bagian dengan menggelar berbagai kegiatan.

Berdasarkan Surat Edaran Gubernur Provinsi Sulawesi Utara Nomor 003.1/20..734/Sekr, yakni mengajak seluruh elemen masyarakat yang ada di Provinsi Sulawesi Utara untuk ikut serta dalam memeriakan peringatan HUT Proklamasi meski di tenga-tenga pandemi Covid 19.

Ketua Divisi Sar dan PB FKPA Sulut, Steven David Malonda, kepada detiksulawesi.com menuturkan, bahwa dalam rangka memperingati HUT Proklamasi Republik Indonesia yang ke 75 tahun, Devisinya juga ikut berpartisipasi.

“Dalam rangka memperingati HUT RI tahun ini, seluruh Anggota Sar dan PB FKPA Sulut sudah dan sementara melakukan rangkaian kegiatan seperti beberapa waktu lalu Divisi SAR dan PB FKPA Sulut bekerja sam dengan umat Hindu danan Buddha melakukan pembagian sembako kepada masyarakat di Kabupaten Bolaang Mongondow dan Bolaang Mongondow Selatan. Kami juga melakukan pembentangan bendera berukuran 7 kali 11 meter di tebing air terjun kengkang waterfall Desa Timbular dan hari ini kami melakukan upacara peringatan detik-detik proklamasi yang berlolasi di beberapa tempat seperti Gunung Soputan, Klabat, Lokon dan di beberapa tempat yang lain seperti yang saat ini kami lakukan di Kengkang Waterfall Desa Timbukar Kabupaten Minahasa,” ujar Malonda.

Ia menjelaskan, mengingat kegiatan ini di lakukan di tengah pandemi Covid-19 serta surat edaran Gubernur Provinsi Sulawesi Utara, maka untuk jumblah peserta upacara terpaksa dibatasi serta mewajibkan para peserta untuk mematuhi protokol kesehatan yang ada.

“Kami juga sanggat terbantu dengan hadirnya teman-teman dari Tim Survey Publik Area Satgas Covid 19 Pusat yang ikut memantau jalanya penerapan protokol pada kegiatan kami ini,” ucapnya.

Terpisah, Nanvie Kowaas Tagah, Owner Kengkang Waterfall di sela kegiatan ketika di wawancarai sangat berterima kasih kepada semua teman-teman yang sudah ikut menyukseskan semua rangkaian kegiatan.

“Saya sangat berterima kasih kepada semua rekan-rekan yang telah mempercayakan tempat kami ini untuk menjadi pusat peringatan hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ke 75 tahun 2020,” ucap Nanvie.

“Harapan saya, dengan adanya kegiatan ini kita lebih lagi mencintai dan menghargai jasa-jasa dari pahlawan kita yang dengan darah dan nyawa telah mereka berikan demi memberikan kemerdekaan kepada kita, sehingga saat ini kita bukan hanya sebagai penikmat kemerdekaan saja, tetapi sebagai pewaris perjuangan yang tetap teguh mempertahankannya demi anak cucu kita,” sambung Navie.

Sementara, Heru Prakoso, Koordinator Tim Survei Pablik Area Satgas Covid 19 Pusat kepada media ini memberikan apresiasi kepada penyelenggara serta pihak pengelola.

“Kami sangat menggapresiasi atas upaya yang di lakukan baik pihak penyelenggara yang tetap mengutamakan protokol yang ada. Hal seperti ini kami rasa patut menjadi contoh bagi yang lain. Kami juga sangat mengapresiasi pihak pengelola Kengkang Waterfall yang sangat teliti dalam menerapkan protokol kesehatan Covid 19 sehingga menurut pemantauan tim kami, bisa kami simpulkan Kengkang Waterfall Sudah sangat siap untuk menjadi lokasih destinasi tujuan wisata alam di Sulawesi Utara karena sudah sesuai dengan standart protokol kesehatan yang ada,” kata Heru.

(CNT)

Leave A Reply

Your email address will not be published.