Pemkab Boltim Lakukan Pembekalan dan Uji Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi

0

DETIKSULAWESI.COM, BOLTIM — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melalui Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan Rakyat (PUPR) Kawasan Pemukiman dan Pertanahan bekerja sama dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar melaksanakan pembekalan dan Uji Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi.

kegiatan yang dilaksanakan di ruang rapat lantai III, kantor Bupati Boltim, Selasa (11/08/2020) tersebut, di buka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Boltim Sonny Waroka.

Dalam sambutanya Sekda mengatakan, selaku Pemerintah Daerah, ia mengapresiasi kegiatan pembekalan dan uji sertifikasi tenaga kerja konstruksi di Kabupaten Boltim ini.

“Sudah menjadi keharusan di era sekarang seorang tenaga kerja memiliki keterampilan bersertifikasi untuk mampu bersaing dengan tenaga kerja asing,”terangnya.

Lanjut Dia, sertifikasi kompetensi di lakukan untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) atau tenaga kerja konstruksi berkualitas.

“Hal ini sebagaimana tertuang pada Undang – Undang Jasa Konstruksi Nomor 2 Tahun 2017 Pasal 70 yang mengatur bahwa setiap Pekerja Konstruksi yang bekerja di sektor Konstruksi wajib memiliki Sertifikat Kompetensi Kerja,”jelas Waroka.

Sementara itu Kepala Dinas (Kadis) PUPR Kabupaten Boltim Ari Purwanto Mokoginta Menambahkan, Bahwa, pekerjaan konstruksi yang mengikuti pelatihan dan sertifikasi ini adalah para tukang.

“Seperti tukang kayu, tukang batu, tukang pasang keramik, tukang pasang plafond, tukang pasang baja ringan, tukang instalasi listrik dan lain-lain,”Kuncinya.

(Parz)

Leave A Reply

Your email address will not be published.