Puskesmas Kotobangon Sosialisasi  Penanggulanagn Penyakit Kusta

0

DETIKSULAWESI.COM, KOTAMOBAGU — Penanggulangan penyakit kusta di wilayah Kecamatan Kotamobagu Timur, Puskesmas Kotobangon menggelar sosialisasi program Intensifikasi Case Finding (ICF) atau pencarian secara dini bakteri penyakit kusta.

Sosialisasi tersebut bertempat di Aula Kantor Kelurahan Kotobangon Kecamatan Kotamobagu Timur Kota Kotamobagu, Selasa (4/8/2020).

Brendly Makalalag, selaku fasilitatir program ICF, mengatakan, dalam program ini pihaknya berpedoman pada program Nasional untuk penanggulangn penyakit kusta di Indonesia.

“Ini untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait dengan infeksi bakteri penyakit kusta serta penanggulanganya, sehingga kita perlu mengetahui wilaya-wilaya mana yang ada di Kecamatan Kotamobagu Timur yang suda ada kasus penyakit kusta,” ujar Makalalag.

Dia juga mengatakan, masyarakat harus paham betul dengam penyakit ini. Apabila ditemukan di lapangn kasus penyakit kusta baik baru gejala ataupun sudah pengidap, maka harus dilakukan pengobatan.

“Biaya pengobatannya sendiri gratis tidak dipungut biaya,” ungkap Makalalag.

Senada dijelaskan, Kepala Puskesmas Kotobangon, dr Ulmiwidaya Sudibyo, bahwa program ICF bertujuan untuk mendeteksi secara dini sebaran bakteri penyakit kusta di tengah masyarakat. Selain itu, masyarakat dapat mengetahui bagaimana cara penanggulangan serta menghindari penyakit ini.

“Kami juga mengimbau agar masyarakat terus menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) agar terhindar dari segala macam penyakit,” imbau Sudibyo.

(*/Kifly)

Leave A Reply

Your email address will not be published.