Tujuh Desa di Bolmut Tandatangani MOU Pamsimas

1,7 Milyar Anggaran Pamsimas Untuk 7 Desa.

0

DETIKSULAWESI.COM, BOLMUT – Sejumlah tujuh desa di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) hari ini menandatangani Memorandum of Understanding (MOU) kegiatan Program Air Minum Berbasis Sanitasi (Pamsimas)

Penandatanganan ini dilaksanakan dengan pihak Balai Prasarana Wilayah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang digelar di ruang rapat Bupati Bolmut, Rabu (08/07/2020) siang tadi.

Menurut Rifki Mokoginta, Fasilitator Senior Pamsimas Kabupaten Bolmut yang ditemui sejumlah awak media usai gelar MOU, menyampaikan bahwa ada 7 Desa di Bolmut yang mendapatkan program ini.

“Jadi ada tujuh desa yang mendapatkan program ini, yaitu Desa Bunong, Lipubogu, Jambusarang, Ollot 1, Paku, Inomunga, dan Komus II Timur, dengan anggaran APBN 1.750.000.000. Dan dua desa yaitu Desa Kopi dan Sangkub II dari dana APBD sejumlah 500 juta, totalnya 2 milyar lebih,” terang Rifki.

Menurut fasilitator senior ini bahwa pengerjaannya swakelola

“Program ini pengerjaannya tidak bisa melibatkan pihak ke-tiga akan tetapi sistem swakelola, Desa membentuk Kelompok Pengelola yang berasal dari masyarakat,” ujarnya.

Rifki juga menambahkan bahwa pengerjaannya 120 hari sesudah penandatanganan MOU.

Pihaknya berharap agar desa yang mendapatkan program ini bisa terlayani kebutuhan air bersih.

“Jika sudah kelar pekerjaan maka desa akan membentuk lagi kelompok Pemeliharaan,” tutupnya.

Kegiatan MOU ini dihadiri oleh Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bolmut, Rudini Masuara dan Perwakilan tujuh desa yang mendapatkan program ini.

(ridwan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.