Aplikasi Kinalang, Terobosan Untuk Pelayanan Publik

0

DETIKSULAWESI.COM, KOTAMOBAGU – Aplikasi yang dibuat oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Kotamobagu, yakni Klinik Informasi Layanan Pengaduan (Kinalang), yang diikutkan dalam kontestasi Innovative Government Award (IGA) Kotamobagu tahun 2020, diketahui merupakan salah satu terobosan, dalam memenuhi hak masyarakat, dalam hal pelayanan publik.

Mendapatkan peringkat kedua dalam kategori perangkat daerah dalam kontestasi IGA tahun 2020, Kinalang sendiri memiliki sejumlah keunggulan.

“Aplikasi ini bermanfaat pada masyarakat, dalam memberikan masukan maupun aspirasi yang bisa ditindaklanjuti langsung oleh instansi teknis terkait. Dimana, ini merupakan salah satu upaya kami Diskominfo untuk memenuhi hak masyarakat, dalam mendapatkan pelayanan yang berkualitas, sehingga kepercayaan publik terhadap kinerja pemerintah bisa terus terjaga,” ujar Sekretaris Dinas Kominfo Kotamobagu, Moch Fahri Damopolii SKom ME, pada pemaparannya beberapa waktu lalu, saat peluncuran aplikasi tersebut.

Selain sebagai bagian dari optimalisasi pelayanan ke masyarakat, dirinya menambahkan, aplikasi tersebut juga diharapkan bisa meningkatkan kepuasan public, terhadap kerja-kerja pemerintah, dengan system menjawab dan menindaklanjuti langsung keluhan yang dimasukkan lewat aplikasi tersebut.

“Dengan demikian, aplikasi ini menjadi salah satu wadah, untuk menjadikan pelayanan ke masyarakat lebih tranparan, sebab bisa dipantau langsung oleh warga, sejauh mana keluhan mereka ditindaklanjuti,” tambahnya.

Menariknya, untuk lebih menguatkan pengawasan masyarakat akan tindak lanjut keluhan mereka. Aplikasi Kinalang sendiri bisa di download di paystore pada handphone android. Bahkan, Fahri mengatakan, Walikota, Wakil Walikota, Sekda Kotamobagu, jajaran asisten dan juga pimpinan SKPD pun bisa ikut memantau, tindak lanjut setiap keluhan warga.

“Ini sebuah aplikasi yang cukup terbuka, dan bertujuan untuk memaksimalkan pelayanan publik,” tambahnya.

Tidak hanya lewat aplikasi di playstore, Fahri juga menamabahkan kalau system KINALANG tersebut, telah disediakan nomor layanan pusat, lewat whatsapp yakni 0811 434 899,

“Ada juga akun twitter yakni Kinalang_KTG, dan akun facebook Kinalang KTG, yang sudah kami siapkan,” paparnya.

(*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.