Tingkatkan Profesionalisme Pewarta PWI Boltim Bakal Gelar UKW

0

DETIKSULAWESI.COM, BOLTIM — Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), berencana akan menyelenggarakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) ke-3 untuk kelas Madya dan kelas Muda, pada akhir tahun 2020.

Ketua PWI Boltim, Faruk Langaru, kepada rekan-rekan pewarta mengatakan untuk rencana pelaksanaan UKW, pihaknya telah membentuk pantia, Ketuanya Mudrik Mamonto dan Bendahara Riswan Hulalata.

“Panitia ini nantinya yang akan bekerja untuk pengumpulan dana sampai terlaksananya kegiatan UKW, “ kata Faruk, Jumat (26/06/2020).

Menurut Faruk, UKW merupakan bagian penting dari rekonstruksi tugas-tugas wartawan sehari-hari. Terlebih saat ini jumlah wartawan yang bertugas di wilayah Boltim sudah cukup banyak.

“Banyaknya wartawan harus pula diuji kompetensinya lewat UKW tersebut, “ ujarnya.

Faruk mengatakan, melalui UKW dapat meningkatkan profesionalisme wartawan, merekonstruksi kesadaran, tanggung jawab profesi dan memiliki integritas profesi kewartawanan.

“Sesuai dengan Peraturan Dewan Pers No. 01/DP/II/2010, tertanggal 2 Februari 2010, wartawan harus memiliki Sertifikat Kompetensi Wartawan (SKW), “ pungkasnya.

Ketua Panitia Mudrik Mamonto menambahkan, dalam rencana kegiatan UKW ini dia berharap kepada pemerintah daerah bisa membantu rencana untuk menyelenggarakan Uji Kompetensi Wartawan.

“Buat kami UKW sangat penting untuk meningkatkan kemampuan dan daya saing sejauh mana kompetensi wartawan tersebut dalam menjalankan tugasnya untuk menghasilkan karya-karya jurnalistik yang berpedoman pada Undang-Undang Pers Nomor 40 tahun 1999 serta kode etik jurnalistik, “ ujarnya.

(Parz)

Leave A Reply

Your email address will not be published.