Ibu 53 Tahun Ini Naik Haji Dari Usaha Kue Kolombeng

0

DETIKSULAWESI.COM, KOTAMOBAGU — Bekerja dengan ikhlas dan tekun adalah kunci sukses  Hj Nita Hamid (53) menjalankan usahanya.

Seorang Ibu yang biasa disapa Mama Ayu, warga Desa Poyowa Besar I Kecamatan Kotamobagu Selatan, bisa menunaikan ibadah haji dari usaha kue kolombeng.

Mama Ayu mengisahkan, sebelum membuka usaha kue kolombeng tahun 2009 silam, awalnya ia menjajakan pisang goreng, kolak kacang ijo (hijau) dan mie di kantin koperasi yang hanya berada di depan rumahnya.

“Dulu saya jualan di kantin koperasi. Tapi sekarang kantor Koperasi itu sudah tidak ada lagi,” ujarnya, saat ditemui di tempat usahanya yang berada di RT I Dusun I jalan raya Desa Poyowa Besar I, Jumat (12/6/2020).

Ia pun membentuk kelompok usaha bersama sejuimlah rekannya yang diberi nama usaha Inaton. Produk yang dijual nata de coco. Namun, usaha nata de coco tidak berjalan lama dan terhenti. Karena keterbatasan peralatan, bahan baku dan sulit dipasarkan, anggota kelompok akhirnya bubar dan mendirikan usahanya masing-masing. Disaat itu juga, mama Ayu dan saudara sepupunya mendirikan usaha kue Kolombeng.

“Dengan modal seadanya saya dan sepupu memilih membuat usaha Kolombeng ini. Awalnya dijual di warung-warung yang ada di kampung. Ternyata banyak yang berminat dan hasil penjualannya bagus,” katanya.

Seiring berjalan waktu, usaha kolombeng milik Mama Ayu mulai berkembang hingga sekarang ini. Bahkan, kue ini sudah tersedia di sejumlah Supermarket dan menjadi ole-ole khas Kotamobagu, yang dikemas dengan ukuran 250 gram hingga 750 gram.

“Sudah 10 tahun ini berjalan. Alhamdulillah berkat dari usaha ini saya naik haji pada tahun 2019. Tapi sebelumnya juga saya sudah pernah naik haji pada tahun 2009 lalu,” terang Mama Ayu sembari mengoles cream coklat pada kue pesanan yang sedang dibuatnya.

Karena pandemi Covid-19 beberapa bulan ini, omzet penjualan kue kolombeng menurun. Tak patah arang Mama Ayu pun mencoba peruntungan lain dengan membuka pesanan kue Moca.

“Untuk kue Kolombeng di masa pandemi ini saya tinggal membuat sesuai pesanan saja. Biasanya pesanan dari Toko Paris. Selain itu, sekarang ini saya menerima juga pesanan kue moca. Harganya tergantung ukuran mulai dari harga Rp 75 ribu hingga 150 ribu. Untuk pemesanan bisa menghubungi nomor tlp/WA: 081340121054,” pungkasnya.

(*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.