Dinas Pariwisata Boltim Gelar Pelatihan Pemandu Wisata Selam

0

DETIKSULAWESI.COM, BOLTIM
Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menggelar Pelatihan Pemandu Wisata Selam bertempat di penginapan safira, desa Tombolikat Induk kecamatan Tutuyan, Rabu (24/06/2020).

Kegiatan pelatihan tersebut diikuti sebanyak 20 peserta dari berbagai kalangan dan akan berlangsung selama sepuluh hari dimulai hari ini, yaitu tanggal 24 Juni sampai 3 Juli 2020.

Kepala Dispar Boltim Rizky Lamaluta mengatakan, tujuan dilakukannya pelatihan pemandu wisata selam ini untuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi para peserta agar nantinya peserta memiliki pengetahuan pendampingan dalam hal penyelaman.

“Kita persiapkan SDM, supaya kedepan nanti kita sudah mempunyai pemandu parawisata yang memang sudah siap,” ujarnya.

Untuk anggaran sumber Dana Alokasi Khusus (DAK) non fisik dana pelayanan kepariwisataan tahun 2020, katanya, yakni open water, advanced open water dan rescue.

“Dari sejumlah kegiatan anggaranya dari DAK. Instrukturnya dari Manado, lisensi Professional Association of Diving (PADI)” jelasnya.

lanjut Rizky, Dengan adanya pelatihan, kita upayakan memberdayakan SDM diantarnya pada spot diving di Boltim. Ini dilakukan rutin setiap tahun. Dipersiapkan, yang kemudian mereka bakal menjadi pemandu wisata.

“Kita targetkan 10 hari untuk pelatihan kepada peserta secara teori dan praktek. Kita coba dikolam renang dulu, kemudian di pantai tujuannya untuk bagaimana pengenalan alat pernapasan dalam air. Usai pelatihan nantinya mereka mendapatkan sertifikat,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, kedepan kita berharap para peserta yang ikut latihan ini sampai ketingkat diving master. Meskipun memang ada tingkatakln yang harus dilalui

“Kita upayakan hingga ke jenjang dive master, dan itu harapan kita kedepan nanti,” kata Rizky.

(Parz)

Leave A Reply

Your email address will not be published.