Objek Wisata Boltim Siap Dibuka Kembali

0

DETIKSULAWESI.COM, BOLTIM — Hadirnya pandemi Covid-19 melumpuhkan berbagai sektor pariwisata di Indonesia termasuk Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim). Semenjak virus corona hadir, sektor pariwisata di Boltim pun turut berhenti beroperasi.

Namun saat ini kondisi new normal telah bertahap dilakukan di berbagai daerah salah satunya Boltim. Pasalnya, Sejak 5 Juni 2020 Boltim mulai memberlakukan tatanan normal dan sudah masuk daerah zona hijau penyebaran Covid-19.

New normal membuat tak sedikitnya tempat ibadah, sekolah hingga instansi pemerintahan maupun swasta mulai dibuka kembali meski masih memberlakukan protokol tetap (protap) kesehatan Covid-19.

Berbagai tempat wisata di Boltim yang sebelumnya sempat ditutup akibat pandemi wabah Covid-19, akhirnya akan segera dibuka kembali.

Kepala Dinas Pariwisata Boltim Mohamad Risky Lamaluta mengatakan, dalam waktu dekat spot-spot wisata yang ada di wilayah Boltim dibuka kembali.

“Namun saat ini masih menunggu telaah staf terkait rencana pengaktifan tempat wisata oleh Bupati Boltim untuk ditanda tangani,” ucapnya.

Ia menambahkan, apabila telaah staf sudah ditandatangani, berarti spot wisata di Boltim sudah bisa dibuka kembali dan warga bisa mulai berkunjung menikmati indahnya destinasi wisata di Boltim.

“Semua tergantung telaah staf. Kalau ditandatangani berarti sudah bisa beroperasi, apabila sebaliknya berarti belum dapat untuk ditanda tangani Acuan kami ya karena Boltim statusnya daerah zona hijau,” ujarnya.

Ia menjelaskan, rencana pengaktifan lokasi wisata sementara ini dikhususkan dulu bagi warga lokal yang tinggal dan menetap di Kabupaten Boltim, sementara untuk wisatawan dari luar masih akan dipertimbangkan.

“Kalau diizinkan satuan gugus tugas, orang Boltim kita dahulukan, baru orang dari luar namun dengan mengutamakan protokol kesehatan,” ucapnya.

Lanjutnya, setiap pemilik lokasi wisata nanti akan diberlakukan protokol tetap (Protap) kesehatan dalam penanganan Covid-19.

“Kita akan buatkan protap bagi tempat-tempat wisata yang beroperasi, kami tidak akan mengizinkan tempat wisata yang tidak mematuhi protap Covid-19,” ucapnya.

Adapun lokasi yang rencananya akan dibuka kembali di antaranya, spot yang sedang dikelola, seperti Atoga River View,Goba Molunow, Danau Mooat, Tanjung Silar Patokan dan Pantai Abadi.

“Di sini tak begitu khawatir karena spot-spot wisata yang ada kebanyakan area terbuka dan langsung kena sinar matahari panas seperti Pulau Bombuyanoi, Tanjung Woka, Tanjung Silar, Pantai Ariang, Sementara Danau Mooat dan Kebun Strawberry dan Goba Molunow juga area terbuka,” ucapnya.

(Parz)

Leave A Reply

Your email address will not be published.