HUT Ke-75 RI, Tak Ada Seleksi Provinsi ke Paskibraka Nasional

Untuk Paski Kabupaten Tunggu Juknis

0

DETIKSULAWESI.COM, BOLMUT – Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia tahun 2020 ini akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, khususnya pada mekanisme pelaksanaan Pengibaran Bendera oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional, Provinsi dan Kabupaten.

Hal ini dikarenakan adanya wabah pandemic Covid-19. Berbeda dengan tahun sebelumnya, Calon Paksibraka Nasional tak lagi direkrut dari Kabupaten dan Provinsi.

Hal ini dibenarkan oleh Norisman Tumuhu, Ketua Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) dan juga panitia Seleksi Paskibraka Bolmut ini saat dikonfirmasi wartawan detiksulawesi.com, selasa (09/06/2020) soal tahapan kegiatan Calon Paskibraka (Capas) Bolmut.

“Untuk tahapan Paskibraka Kabupaten masih menunggu petunjuk dri Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), soal teknis pelaksanaan, fix tetap ada Paskibraka Kabupaten, hanya saja kemungkinan akan berbeda dari tahun sebelumnya,” terang Noris.

Menurutnya bahwa untuk Paskibraka Kabupaten/Kota sudah mengadakan rekrutmen pada bulan Februari 2020, dan sudah ada pengumuman resmi hasil seleksi, namun tetaplah menunggu petunjuk lagi dari Kemenpora. Namun yang jelas bahwa Paskibraka Nasional tak lagi direkrut dari Provinsi.

“Sudah final bahwa tak ada lagi rekrutmen dari Provinsi untuk diutus ke Nasional, karena sudah ada surat resmi dari Kemenpora,” ujarnya.

Noris juga menambahkan bahwa untuk tingkat provinsi tetap direkrut Capas dari Kabupaten.

“Seleksi Capas dari Kabupaten untuk diutus ke Provinsi sudah jalan tahapannya, 2 pasang dri Bolmut yg diikutkan di seleksi, seleksi tahap pertama so jalan, tapi lewat video dan fito secara online untuk Parade, PBB, Talenta,” tutup Noris.

(ridwan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.