Prioritaskan Aspek Kesehatan dan Keselamatan Dalam Tatanan Normal Baru

0

DETIKSULAWESI.COM, BOLMUT – Dalam gelar apel perdana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) bersama Aparatur Sipil Negara (ASN) hari ini, senin (08/06/2020) Bupati Bolmut, Depri Pontoh dalam satu point sambutannya menegaskan bahwa dalan pelaksanaan tugas, ASN harus tetap memprioritaskan aspek kesehatan dan keselamatan.

“Tugas dan fungsi ASN dalam tatanan normal baru dilakukan dengan tetap memprioritaskan aspek kesehatan dan keselamatan bagi ASN dengan cara menjalankan protokol kesehatan dalam aktivitas keseharian, adaptasi terhadap tatanan normal baru di lingkungan pemerintah daerah dengan memperhatikan protokol kesehatan,” ujar Bupati.

Menurutnya bahwa aspek kesehatan dan keselamatan meliputi :

Pertama penyesuaian sistem kerja yaitu aparatur sipil negara masuk kerja dan menaati ketentuan jam kerja yang berlaku. Dan penyesuaian sistem kerja dengan menjalankan protokol kesehatan dalam aktivitas keseharian.

Penyesuaian sistem kerja dapat dilaksanakan melalui fleksibilitas dalam pengaturan lokasi bekerja yakni pelaksanaan tugas kedinasan di kantor, work from office dan atau pelaksanaan tugas kedinasan di rumah, work from home.

Kedua, dukungan sumber daya manusia aparatur di mana terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam manajemen SDM Aparatur Negara, penilaian kinerja oleh oleh pejabat Pembina kepegawaian Pemantauan dan pengawasan oleh pimpinan perangkat daerah dan memastikan kedisiplinan pegawai.

Ketiga, dukungan infrastruktur dalam penyesuaian dengan tatanan normal baru, pejabat pembina kepegawaian diminta untuk mempersiapkan dukungan sarana dan prasarana yang dibutuhkan ASN dalam pelaksanaan tugas kedinasan dengan fleksibilitas lokasi bekerja dan memastikan penerapan teknologi informasi dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik, dilaksanakan dengan memperhatikan pedoman penggunaan dan keamanan teknologi informasi dan komunikasi serta menyesuaikan lingkungan kerja yang produktif dan aman Covid-19 sesuai dengan panduan yang ditetapkan dalam keputusan amenteri Kesehatan tentang panduan pencegahan dan pengendalian Covid-19 di tempat kerja, perkantoran dan industri dalam mendukung keberlangsungan usaha pada situasi Pandemi.

Ketiga poin tersebut menurut Bupati harus menjadi keharusan bagi pemerintah daerah untuk memenuhinya dalam menunjang pekerjaan selama tatanan kehidupan baru.

Apel ini digelar dalam rangka penerapan sistem kerja dalam tatanan normal baru (new normal) produktif dan aman Covid-19 hari ini, senin (08/06/2020)

Digelar di halaman Kantor Bupati Bolmut ini menerapkan protokol kesehatan seperti pengecekan suhu tubuh pagi seluruh peserta apel, menggunakan masker, penempatan jarak ideal bagi peserta apel.

Apel ini dihadiri oleh Wakil Bupati Bolmut Amin Lasena, Sekda Bolmut Asripan Nani, para pimpinan SKPD dan ASN di lingkungan Pemkab Bolmut.

(ridwan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.