Tim Gabungan Basarnas Manado Selamatkan Nahkoda dan ABK KM Nadine 01 di Perairan Maluku Utara

0

DETIKSULAWESI.COM, BITUNG — Rabu (3/6/2020) pukul 23.00 Wita, Tim Rescue Basarnas Manado Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) bersama KN SAR Bima Sena dan Tim SAR Gabungan berhasil menemukan KM Nadine 01 yang mati mesin di Perairan Maluku Utara, Kota Bitung.

Saat ditemukan KM Nadin 01 diikat pada sebuah bouy. Seorang nahkoda Sedekia Rompas (39), dan tiga orang ABK Jenli Namisi (28), Usman Katiandagho (52), dan Alexandro Rompas (26) dalam kondisi selamat.

Sebelumnya Basarnas Manado menerima informasi dari Julius Payangan pemilik kapal KM Nadine 01, bahwa kapal dikabarkan mati mesin di Perairan Maluku Utara, Bitung.

Ketika dilakukan penyelamatan, Sedekia Rompas dan seorang ABK memilih tinggal di Kapal sambil menunggu Kapal tersebut dievakuasi. Sementara dua orang ABK lainnya ikut bersama Tim Rescue ke Pelabuhan Munte, Likupang untuk dipulangkan ke keluarga.

Suhri Sinaga selaku Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Manado, mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang turut terlibat dalam penyelamatan tersebut.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang turut membantu Polair Bitung, PPS Bitung, KSOP Bitung, Rapi Bitung, dan Nelayan setempat  bersama Tim Basarnas dan Tim KN SAR Bima Sena dalam pencarian KNNadine 01 hingga para korban bisa ditemukan dalam kondisi selamat,” ucap Sinaga.

(Herman)

Leave A Reply

Your email address will not be published.