Cegah Penyebaran Covid-19, Pemuda Desa Tote Bentuk Relawan

0

 

DETIKSULAWESI.COM, BOLMUT —  Merebaknya penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19), membuat kalangan masyarakat menjadi waspada.

Beberapa upaya dilakukan masyarakat dalam memutus mata rantai penyebaran virus ini.

Seperti yang dilakukan oleh salah satu elemen masyarakat desa Tote, Kecamatan Bolangitang Barat, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut).

Para pemuda secara inisiatif membentuk relawan desa, bekerja sama dengan Pemerintah Desa (Pemdes) Tote, melakukan beberapa langkah.

“Kita berinisiatif, mengadakan rapat dengan para pemuda, hasil rapat kita bentuk relawan untuk mencegah mata rantai penyebaran Covid-19,” ujar Hendra Kohongia yang merupakan ketua organisasi pemuda di desa ini.

Hendra juga menyampaikan bahwa relawan yang dibentuk ini akan bekerja sama dengan pemerintah Desa, salah satu langkah yang akan dilakukan adalah mengadakan Pokso yang nantinya akan melibatkan peran aktif para pemuda desa dalam mengawasi lalu lintas orang yang masuk ke desa.

“Kita hanya mengawasi saja, yang kita jaga adalah mobilisasi orang yang berkumpul dalam jumlah banyak, itu kita cegah, disamping itu juga kita akan fasilitasi pembagian masker,” terang Guru yang merupakan ASN di dinas Pendidikan ini.

Menurut Hendra juga tidak hanya sekedar mengawasi, Relawan ini juga nantinya akan membantu pemerintah dalam mengedukasi masyarakat.

“Kita akan berusaha untuk mengedukasi masyarakat khusus di desa ini, seperti anjuran penggunaan masker, anjuran untuk selalu mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan masyarakat, menganjurkan untuk tetap di rumah, mengingatkan masyarakat untuk tidak keluar apabila tidak terlalu penting, kurang lebih hal-hal ini yang kita akan ingatkan pada saudara-saudara kita sesama warga desa. Dan ini semua adalah untuk kebaikan kita bersama, mari bersama kita cegah virus ini,” tutupnya.

(ridwan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.