Pimpin Musrenbang RKPD 2021 Secara Video Conference, Ini Sambutan Bupati Bolmut

0

DETIKSULAWESI.COM, BOLMUT — Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), hari ini, rabu (15/04/2020) menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2021.

Kegiatan yang digelar di Ruang Rapat Bupati Bolmut ini, dipimpin langsung oleh Bupati Bolmut, Drs. Hi..Depri Pontoh.
Turut Hadir Wakil Bupati Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena M.AP, Ketua DPRD Bolmut Frangky Chandra, Sekertaris Daerah Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si, Wakil Ketua DPRD, Kepala Kejaksaan Negeri Bolmut Moch. Riza Wisnu Wardhana, SH., M.Hum., Wakapolres Bolmut, Perwira Penghubung 1303 Bolmut, Pimpinan Perangkat Daerah dan Para Camat Se Kabupaten Bolmut.

Berikut kutipan lengkap pidato Bupati Bolmut :

Assalamu Alaikum Warahmatullahi wa barakatuh,

Hadirin yang saya banggakan.

 

Sebagaimana yang kita saksikan, pelaksanaan Musrembang kali ini berbeda pelaksanaannya dengan tahun-tahun sebelumnya.

Hal ini dikarenakan adanya pandemi Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 yang menyerang negara kita dan juga di seluruh dunia.

Sehingga diambil kebijakan pemerintah pusat melalui surat edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 440/2552/SJ tentang pelaksanaan Musrembang RKPD provinsi dan kabupaten/kota tahun 2021.

Dimana pemerintah pusat melakukan upaya pencegahan penyebaran Covid 19 serta memperhatikan status Covid 19 yang dinyatakan sebagai pandemi global oleh WHO

Maka diminta agar seluruh jajaran pemerintah daerah melakukan penundaan pelaksanaan kegiatan atau forum yang melibatkan banyak orang salah satu diantaranya pelaksanaan Musrembanh RKPD provinsi, kabupaten/kota tahun 2021.

Berpedoman pada surat edaran tersebut maka pemerintah daerah melakukan penyesuaian dengan memperhatikan situasi dan kondisi daerah serta mengoptimalkan pemanfaatan pemanfaatan fasilitas teknologi informasi dan komunikasi online.

Sehingga kegiatan Musrenbang kita pada hari ini dilaksanakan secara daring menggunakan video conference tanpa harus hadir langsung bertatap muka secara fisik, sebagai bentuk physical distancing.

Sebagaimana himbauan pemerintah untuk menekan penyebaran wabah Covid 19 untuk itu kiranya ini menjadi pemakluman dan perhatian kita bersama seluruh peserta Musrenbang.

Karena meskipun Musrenbang RKPD Kabupaten ini berlangsung secara online namun substansinya tetap sama seperti Musrembang di tahun-tahun sebelumnya apalagi tahun ini kita telah menerapkan sistem perencanaan yang terintegrasi melalui penerapan e-planning yang terintegrasi dengan budgeting sehingga penyelenggaraan pembangunan pada tahun 2021 akan lebih terarah terukur dan akuntabel.

Merupakan amanat undang-undang sebagai salah satu tahapan dalam penyusunan rencana kerja pemerintah daerah atau RKPD untuk tahun mendatang sehingga harus dilaksanakan, maksudnya bahwa musrembang sebagai forum multipihak yang dilaksanakan secara terbuka dapat mengidentifikasi dan menentukan prioritas kebijakan pembangunan serta berfungsi sebagai proses negosiasi, rekonsiliasi, harmonisasi perbedaan antara pemerintah dan pemangku kepentingan non pemerintah sekaligus konsensus bersama mengenai prioritas kegiatan pembangunan berikut anggarannya.

Tahun ini kita mengalami relokasi anggaran yang tentu akan berdampak pada perencanaan pembangunan pada APBD tahun 2021 nanti. Olehnya bertitik tolak dari berbagai permasalahan potensi dan tantangan pembangunan di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara yang ada saat ini Serta memperhatikan RJPD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara tahun 2005-2025, RPJMD tahun 2018-2023, arah kebijakan pembangunan Provinsi Sulawesi Utara tahun 2021 dan arah kebijakan pembangunan nasional tahun 2021, dengan kebijakan umum yaitu Nawacita maka rencana kerja pemerintah daerah tahun 2021 ditetapkan yaitu pengembangan sumber daya manusia dan perluasan ekonomi untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dengan Prioritas pembangunan sebagai berikut.

Pertama, Prasarana serta SDM bidang pendidikan dan kesehatan

Kedua, Pemenuhan infrastruktur dasar dan ekonomi

Ketiga, Peningkatan produksi pertanian dan Perikanan

Keempat, Meningkatkan daya tarik wisata

Kelima, Mendorong investasi

Keenam, Menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat pasca pelaksanaan pilgub 2020

Ketujuh, enurunkan Angka kemiskinan dengan menurunkan beban pengeluaran keluarga miskin.

Tujuh prioritas pembangunan tersebut hendaknya menjadi perhatian dan acuan bagi kita semua dalam merencanakan program kegiatan tahun 202.

Terlebih kita akan melaksanakan kegiatan-kegiatan penting sebagai bentuk restrukturisasi kegiatan-kegiatan yang dihilangkan atau digeser akibat Wabah Covid-19 pada APBD tahun 2020 ini.

Jika dilihat dari usulan masyarakat dalam hasil musrembang dari 6 Kecamatan pada sistem eplanning simda integrasi usulan pembangunan dari 6 Kecamatan yang disampaikan mencapai 758 usulan dengan nilai usulan mencapai 667 milyar rupiah.

Sementara asumsi belanja langsung pada Pagu indikatif tahun 2021 hanya sebesar 208 miliar rupiah maka sudah dapat dipastikan bahwa tidak semua usulan dari masyarakat dapat diakomodir dalam pembiayaan APBD.

Itulah sebabnya senantiasa mengingatkan kiranya semua pihak dapat memahami situasi dan kondisi keterbatasan kemampuan anggaran daerah sehingga.

Saya menyarankan agar dalam forum ini dapat menyusun skala prioritas usulan pembiayaan pembangunan dengan melakukan penajaman penyelarasan dan klarifikasi usulan sesuai Prioritas pembangunan tahun 2021 dan usulan yang tidak dapat dibiayai APBD agar dapat ditawarkan melalui sumber-sumber pembiayaan yang lain.

Oleh sebab itu dalam meningkatkan kemampuan pembiayaan pembangunan daerah, Saya minta semua perangkat daerah untuk terus berusaha dan aktif mencari informasi ke pemerintah pusat dan pemerintah provinsi dengan berbekal program program strategis agar anggaran dari APBN dan APBD provinsi dapat teralokasi lebih besar ke Kabupaten Bolaang Mongondow Utara pada tahun 2021.

Mengakhiri sambutan ini, saya selaku kepala daerah, memberikan apresiasi dan terima kasih kepada Bapelitbang atas terlaksananya kegiatan musrenbang RKPD Kabupaten ini meskipun saat ini kita dihadapkan pada tantangan yang sangat berat dengan mewabahnya Covid-19, sungguh kejadian yang tak terduga dan akan menimbulkan dampak yang luar biasa terhadap aspek sosial dan ekonomi masyarakat di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Untuk itu melalui kesempatan ini saya ingin menghimbau Kepada seluruh masyarakat Bolaang Mongondow Utara untuk melakukan sosial dan fisical distancing, yaitu menghindari tempat keramaian atau berkumpulnya orang untuk sementara waktu sementara untuk sementara waktu menunda perjalanan ke luar daerah menunda penyelenggaraan pertemuan yang memungkinkan terjadinya kerumunan membudayakan pola hidup sehat bersih dan sehat menjaga daya tahan tubuh dengan cara istirahat yang cukup rajin berolahraga dan mengkonsumsi gizi yang seimbang.

Mari kita sama-sama berdoa dan meminta kepada Tuhan Yang Maha Kuasa Allah Subhanahu Wa Ta’ala Insya Allah rakyat Bolaang Mongondow Utara dijauhkan dan terhindar dari virus Corona.

Inilah yang dapat saya sampaikan, selamat bermusyawarah, semoga apa yang kita hasilkan pada pertemuan ini dapat bermanfaat bagi kita semua khususnya bagi masyarakat Bolmut .

Dengan terlebih dahulu memohon ridho Allah subhanahu wa ta’ala dan dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, Musyawarah Perencanaan Pembangunan tingkat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara tahun 2021, dalam rangka penyusunan RKPD tahun 202,1 dengan resmi nyatakan dibuka.

Demikian sambutan Bupati Bolmut.

(ridwan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.