Seriusi Pencegahan Covid-19, Sehan Akan Anggarkan 6 Miliar Untuk Masyarakat

0

DETIKSULAWESI.COM, BOLTIM — Virus Corona yang saat ini menjadi hal yang menakutkan bagi masyarakat disikapi serius oleh Bupati kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sehan Salim Landjar. Termasuk oleh Pemkab Boltim, dimana akan menganggarkan Rp 6 miliar untuk dana penyediaan sembako bagi masayarakat.

Bupati menerangkan, dana yang bersumber dari anggaran APBD, DAU, dan DD tersebut nantinya akan dibentuk sebagai dana ketahanan kepada masyarakat yang terdampak akibat kebijakan Pemerintah pembatasan beraktifitas diluar rumah.

“Dana ini akan ditarik kemudian dibentuk sebagai dana ketahanan untuk masyarakat yang berpenghasilan dari kerja jasa harian, yang kena dampak kebijakan pemerintah pembatasan aktivitas diluar rumah. Demi pencegahan penyebaran Virus corona,” jelas bupati dirumah jabatannya. Selasa (24/02/2020)

Dirinya mengatakan, ini juga mengacu pada keputusan pemerintah pusat yang ditindak lanjuti pemerintah daerah dalam hal pengadaan barang dan jasa untuk penanggulangan virus corona (covid-19).

“Dalam kondisi darurat, pemerintah pusat dalam hal ini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga menyebut kepala daerah dapat menggunakan penunjukan langsung dalam pengadaan barang dan jasa, dengan syarat mengikuti Peraturan LKPP Nomor 13 Tahun 2018 mengatur pengadaan barang dan jasa dalam penanganan keadaan darurat.

Lanjut sehan, dalam pengadaan barang dan jasa ini pemda akan membentuk tim panitia khusus penyaluran barang dan jasa agar proses penyalurannya jelas.

“Kita akan bentuk tim penyaluran barang dan jasa, nantinya tim ini akan lakukan penyaluran dengan mengacu pada data per kepala keluarga yang akan diberikan oleh setiap kepala desa agar bantuan yang diberikan tersalur dengan jelas dan harus melaui mekanisme yang ada, karena ini dalam jumlah besar,” ujar Sehan.

Dirinya pun meminta dukungan rakyat untuk keseriusan pemerintah dalam hal menangani penanggulangan Virus corona atau covid-19.

“Saya minta dukungan, dan berharap masyarakat Boltim bisa bekerja sama mematuhi apa keinginan pemerintah demi keselamatan kita bersama” kata Sehan.

Diakhir kata bupati dua periode ini menyampaikan pesan, dalam bentuk rasa kasih sayang seorang pemimpin kepada seluruh masyarakat Boltim.

“Insyaallah saya akan terus menjaga rakyat saya, terus mendampingi. Hanya satu pesan saya, saya tidak akan membiarkan rakyat saya terbebani dengan segala bentuk kesulitan. pada saat itu pula saya akan hadir, saya akan penuhi semua yang menjadi kebutuhan rakyat,” tutup sehan.

(Parz)

Leave A Reply

Your email address will not be published.