Disdukcapil Kotamobagu Buka Layanan Lewat Whasapp

0

DETIKSULAWESI.COM, KOTAMOBAGU – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kotamobagu mengeluarkan pengumuman Nomor: 400/Dukcapil/91/III/2020 dalam rangka upaya pencegahan penyebaran Covid-19 mulai tanggal 20 maret 2020 kemarin untuk sementara waktu pelayanan administrasi kependudukan dihentikan sementara.

“Namun, jika ada masyarakat yang betul-betul membutuhkan dokumen Kependudukan seperti BPJS, Rumah Sakit, pendaftaran masuk TNI/ POLRI, legalisir masih kami layani,” ujar Kepala Dinas Dukcapil Kotamobagu Virginia Olii, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (24/03/2020).

Menurutnya, untuk menghindari kontak fisik secara langsung, antrian serta berkumpulnya masyarakat maka pelayanan dokumen kependudukan bisa tidak datang langsung ke Kantor  Disdukcapil .

“Cukup ajukan permohonan dari rumah dengan menghubungi nomor layanan Whatsapp (WA) Disdukcapil. Untuk pelayanan KTP- el, Kartu Keluarga (KK), KIA, pindah datang dan update NIK dapat menghubungi nomor WA 081387317315 dan 081355774780 serta utk pelayanan Akte kelahiran, Akte Kematian, akte Perceraian dan Akte Perkawinan dapat menghungi nomor WA 085342822428,” terangnya.

Dirinya menjelaskan, pelayanan ini dilakukan agar masyarakat tetap bisa terlayani, dimana kondisi saat ini masyarakat diminta untuk tetap berada dirumah dan menghindari tempat-tempat berkumpul dan kontak fisik juga tidak perlu berbondong-bondong dan menunggu lama di Kantor Disdukcapil.

“Untuk contoh pembuatan Kartu Keluarga ketik nama pemohon#NIK#maksud permohonan. Tapi, yang bersangkutan harus mengirim juga lewat foto KK lama, Buku Nikah, dan Golongan Darah. Setelah diverifikasi dan berkasnya lengkap, maka petugas Disdukcapil akan menghubungi yang bersangkutan untuk menjemput KK tersebut dengan membawa fisik persyaratan yang sudah dikirim melalui WA. Untuk Proses penerbitan dokumen kependudukan akan dilayani saat jam kerja,” jelasnya.

Untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona, pihaknya juga sudah menyiapkan tempat cuci tangan di depan Pintu masuk Kantor Disdukcapil. “Di depan pintu masuk Kantor Disdukcapil, kita juga sudah siapkan tempat cuci tangan agar siapa saja yang masuk ke Kantor agar memcuci tangan terlebih dahulu,” tutupnya.

(*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.