Bupati Sehan Landjar Buka Musrenbang Penyusunan RKPD 2021

0

DETIKSULAWESI.COM, BOLTIM — Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan rancangan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Boltim tahun 2021, di lantai 3 Kantor Bupati Boltim, Rabu (18/03/2020).

Musrenbangda dibuka langsung Bupati Boltim Sehan Landjar SH., didampingi Wakil Bupati Drs. Rusdi Gumalangit, Sekretaris Daerah Boltim Ir. Sonny Warokka, Ph.D., Ketua DPRD Boltim Fuad Landjar, SH., Perwakilan Polres Boltim, Bappeda Provinsi Sulut, serta seluruh unsur Forkopimda, serta jajaran Pemerintah Kecamatan dan Pemerinta Desa.

Bupati menyampaikan, pelaksanaan Musrenbang Daerah adalah upaya penajaman dari seluruh rangkaian kegiatan yang telah dilakukan sejak tahap awal mulai dari Musrenbang di desa, kecamatan, dan koordinasi Satuan Kerja Perangkat Daerah.

“Kepada semua pemangku kepentingan inilah saatnya kita memusyawarahkan sesuatu yang dianggap urgen yang harus kita selesaikan pada tahun 2021, lewat upaya dan strategi yang disebut program dan kegiatan,” ujar Sehan Landjar.

Sehan meminta kepada para Sangadi agar proyek fisik yang dibiayai dengan Alokasi Dana Desa harus melibatkan masyarakat. Hal ini  tentunya agar tercipta multiplier effect yang muaranya adalah kesejahteraan masyarakat.

Bupati dua periode ini pun menjelaskan tujuan pembangunan di daerah ada tiga. Yang paling utama bagaimana menciptakan rakyat Boltim yang cerdas, sehat, dan sejahtera.

“Hasil dari pembangunan akan membuat rakyat sejahtera, tolak ukurnya ialah kemampuan daya beli masyarakat dan tingkat pengangguran,” tegas Bupati pilihan rakyat ini.

Lebih lanjut, Kata Bupati tujuan pelaksanaan Musrenbang Daerah RKPD untuk mendapatkan masukan dan saran dari stakeholder dan masyarakat.

“Tahapan-tahapan perencanaan telah dilaksanakan, diantaranya Musrenbangdes di 80 desa, Musrenbangcam di 7 kecamatan, rapat forum perangkat daerah serta Konsultasi Publik,” kata Sehan Landjar

Eyang sapaan akrab Bupati Boltim, berharap kepada seluruh pemangku kepentingan agar akurat dalam perencanaan.

“Saya harap hilangkan copy paste. Kita harus rumuskan satu rancangan program dan kegiatan pada 2021 sebagai bagian tindak lanjut dari apa yang sudah kita laksanakan dan tidak lari dari visi misi daerah,” tutup Sehan Landjar.

Adapun tema tahun 2021, pemantapan infrastruktur, social, ekonomi dan kepariwisataan yang berdaya saing didukung pemerataan sumber daya manusia berbasis pedesaan menuju Bolaang Mongondow timur cerdas, sehat dan kreatif.

(Parz)

Leave A Reply

Your email address will not be published.