LATSAR CPNS Kotamobagu Dibuka Wali Kota Tatong Bara

0

DETIKSULAWESI.COM, KOTAMOBAGU — Pelaksanaan Pelatihan Dasar (LATSAR) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi Tahun 2018 di lingkungan Pemerintah Kota (Penkot) Kotamobagu resmi dibuka Wali Kota Ir Tatong Bara.

Kegiatan yang dilaksanakan Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Kotamobagu, bekerjasama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dilaksanakan di Aula SMA Yadika Desa Kopandakan II, Senin(9/3/2020).

Wali Kota Ir Tatong Bara, dalam sambutannya mengatakan, pelatihan ini penting untuk membangun sikap dan nilai sebagai abdi negara.

“Sebagaimana yang kita ketahui bersama, aparatur mempunyai peran yang besar dalam menentukan keberhasilan pemerintahan. Tentu mereka yang memiliki kompetensi yang baiklah, entah mental pun moral yang mendorong pembangunan,” kata Wali Kota.

Menurutnya, penting bagi peserta LATSAR mengetahui motivasi apa yang melatarbelakangi sehingga memutuskan untuk menjadi pelayan masyarakat.

“Motivasi untuk menjadi PNS apa? sehingga harus tahu hak dan kewajiban jadi PNS. Inilah materi-materi saat pelatihan dimulai. Perlu diterima dan diikuti dengan sebaik-baiknya, karena sangat berat beban jadi PNS, perlu pembinaan,” terang Wali Kota.

Wali Kota Menjelaskan, untuk membentuk sikap dan perilaku, termasuk nilai-nilai etika dalam masyarakat.

“232 CPNS yang mengikuti pelatihan dasar, saat ini telah memilih jadi pelayan masyarakat, harus mampu membangun semangat,” ujar Wali Kota.

Wali Kota berharap, angkatan yang 2018, bersama-sama tertib masuk dalam ruang pengabdian dan menjadi figur-figur yang baik.

“Harus bisa masuk dengan berbagai tantangan termasuk bisa turut dalam menerapkan teknologi 4.0,” pungkas Wali Kota.

Kepala Bada (Kaban) BKPP Kota Kotamobagu, Sarida Makalalg, menjelaskan, LATSAR bagi CPNS Kota Kotamobagu bertujuan untuk meningkatkan kompetensi CPNS yang dapat terukur dan mampu melaksanakan tugas jabatannya secara efektif dan efisien.

“LATSAR  membentuk CPNS yang profesional yaitu PNS yang karakternya dibentuk oleh nilai-nilai dasar profesi PNS, sehingga mampu menjalankan tugas dan perannya secara profesional sebagai pelayan masyarakat,” terang Sarida.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Wakil Wali Kota Nayodo Koerniawan, Sekretaris Kota (Sekkot) Kotamobagu Sande Dodo, Kepala BPSDM Provinsi Sulut Dr Paulus Tamaka, para Asisten serta pimpinan SKPS lingkup Pemkot Kotamobagu.

(Kifly)

Leave A Reply

Your email address will not be published.