Lanal Tolitoli Lakukan Pembinaan kepada Masyarakat Petani Rumput Laut

0

DETIKSULAWESI.COM, TOLITOLI — Komandan Lanal tolitoli Letkol Laut (P) Bayu Dwi Wicaksono diwakili Pasintel Kapten Laut (P) Mangasa Pohan, mengadakan Pembinaan terhadap Masyarakat Petani Rumput Laut di 2 (dua) desa Binaan Potensi Maritim Lanal Tilitoli yaitu Dusun Kotanibangun Desa Ginunggung dan desa kalangkangan Kec. Galang Kab. Tolitoli, bersama Dinas terkait, Jumat (06/03/2020).

Pada sambutan Asisten Pemerintahan Ekonomi dan Pembangunan Tolitoli, Ir. Muh Nur Munawar, mengatakan bahwa, pemerintah Kabupaten Tolitoli akan mendukung pengembangan budidaya ikan dan rumput laut agar bisa menopang perekonomian di Kabupaten Tolitoli, pemerinth daerah akan selalu bersinergi dengan TNI khususnya TNI AL.

Pengelolahan laut akan di bina oleh dinas terkait untuk meningkatkan hasil yang maksimal dan meningkatkan teknologi pengolahan rumput laut yang ada di Kabupaten Tolitoli.

Penyuluhan, Sosialisasi dan Tatap muka Bersama Masyarakat Petani Rumput Laut yang diselenggarakan oleh Lanal Tolitoli adalah bentuk perhatian Lanal Tolitoli kepada masyarakat petani rumput laut di Desa binaan Lanal Tolitoli untuk memberikan bagaimana cara budidaya, pengolahan dan Pengemasan rumput laut supaya dapat meningkatkan Perekonomian masyarakat khususnya petani rumput laut.

“Dusun Kotanibangun Desa Ginunggung dan Desa Kalangkangan di Kecamatan Galang Kabupaten Tolitoli merupakan desa Binaan Lanal Tolitoli yang masyarakatnya 80% adalah petani rumput laut, dengan adanya penyuluhan di harapkan rumput laut bisa menjadi produk andalan di Kabupaten Tolitoli,” ucap Mangasa Pohan.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh Asisten II, Bidang Pemerintahan Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Tolitoli, Ir. Muh Nur Munawar, Pasintel Lanal Tolitoli, Kapten Laut (P) Mangasa Pohan, DanUnit Intel Lanal Tolitoli Lettu laut (K) A.Syaifudin, Amd.kep., Paur Idik Letda Laut (PM) Endang Kuswara, Ps.Paur Silta (PPABP) Letda Laut (S) Joko Purnomo, Kepala bidang pengembangan pemasaran pariwisata Kabupaten Tolitoli, Jeffri,S.Sos., Plt.Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Tolitoli Imran Ibesik,SH., Sekretaris Dinas Perikanan Kabupaten Tolitoli Dedi Datuamas Spi., Kepala seksi kesehatan ikan dan lingkungan Kabupaten Tolitoli, Budiman, Sp., Kepala bidang pengendali dinas Perijinan dan Penanaman Modal Terpadu satu pintu, Ir.Hadiah Kasim., Kepala seksi kesejahteraan kecamatan Galang, Muhammad Nur S.E., Petugas kesalamatan dan Patroli KSOP, I Made Rai Paniel., Kepala Desa Ginunggung, H.Anwar Lihawa., Wakil Direktur Nisso Sanyo dari Jepang, Dai Okano., para undangan dan Masyarakat Petani Rumput laut berjumlah kurang lebih 100 orang.

(*/Herman)

Leave A Reply

Your email address will not be published.