Curanmor Meningkat, Dwi Imbau Masyarakat Jangan Mengundang Pencuri

0

DETIKSULAWESI.COM, MINUT — Pencurian kendaraan bermotor (curanmor) menjadi kasus kriminal yang paling sering terjadi khususnya di perkotaan bahkan kini merambah ke desa – desa.

Untuk mengurangi resiko kendaraan menjadi target pencurian, Kasat Reskrim Polres Minut AKP I Kadek Dwi Santika Miharjaya SH SIK MH mengimbau kepada masyarakat agar memeriksa kembali kendaraan selesai digunakan.

“Jangan biarkan kunci masih tertancap di sepeda motor. Karena hal ini mengundang aksi para pencuri kendaraan bermotor,” ujar Dwi kepada awak media saat press conference, Selasa (03/03/2020).

Press conference yang digelar di Aula Satya Haprabu, Mapolres Minahasa utara ini terkait aksi pencurian sepeda motor suzuki FU, di Desa Kolongan Kecamatan Talawaan Kabupaten Minut.

Dua tersangka pelaku curanmor ini diketahui kakak beradik dan masih dibawah umur, dengan inisial JSM (16) dan JFM (17) asal Singkil kecamatan Kombos Timur, dibekuk Tim Polres Minut saat melakukan aksinya.

Hal ini diungkapkan Kapolres Minut AKBP Grace Rahakbau SIK MSi didampingi Kasat Reskrim AKP I Kadek Dwi Santika Miharjaya SH SIK MH.

Grace menyebutkan walaupun dibawah umur kedua tersangka tetap melewati proses hukum yang berlaku. Pihak kepolisian akan tetap mengacu pada sistim peradilan anak.

“Jangan karena pelaku dibawah umur kemudian kita biarkan saja, itu tidak boleh terjadi. Kami tetap akan mengambil tindakan tegas,” ucap Grace.

Ditambahkanya lagi, perlu adanya pengawasan dan perhatian orang tua. Agar anak-anak tidak terjerumus ke dalam masalah yang berurusan dengan hukum.

Sementara itu Kasat Reskrim AKP I Kadek Dwi Santika Miharjaya SH SIK MH, menjelaskan bahwa para pelaku curanmor sebelumnya mengintari wilayah Minut dengan menggunakan sepeda motor. Target mereka adalah sepeda motor yang terparkir tapi kunci kontaknya masih tertancap di kendaraan tersebut.

“Kepada mereka dikenakan pasal 363 dan 362, dengan ancaman 7 tahun penjara. Sementara untuk proses dilaksanakan dipolsek Dimembe,” jelas Dwi.

(Amat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.