Petani Ini Hasilkan Ratusan Kilogram Cabai Perminggu

0

DETIKSULAWESI.COM, KOTAMOBAGU – Cabai merupakan salah satu komoditas unggulan para petani di Kotamobagu. Para petani saat mulai memanfaatkan lahannya untuk tanaman cabai. Hasilnya sangat memuasakan. Seperti dikatakan Lumkan Nur, salah satu petani cabai yang tergabung Komunitas Mareta Totabuan, mengatakan, untuk sekali panen setiap minggu ia bisa mengahasilakan ratusan kilogram cabai. Pria asal Kelurahan Sinindian Itu, saat ini memanfaatkan lahannya di Kelurahan Matali, Kecamatan Kotamobagu Timur untuk tanaman cabai.

“Kami mampu menghasilkan cabai dengan panen yang maksimal yaitu 100kg perminggu untuk 1000 pohon,” katanya.

Lebih lanjut ia katakan, jika digabungkan luas lahan tanaman cabai Komunitas Mareta Totabuan ada sekiar 10 Hektare (Ha).

“Jika digabungkan itu bisa menghasilkan cabai sekitar 15 Ton per minggunya,” katanya.

Ditambahkanya, kedepan pihaknya akan membuat varietas cabai khusus lokal yang akan di beri nama Mareta Totabuan. Akan tetapi ia sedikit mengalami kendala, karena masih minimnya sarana pendukung.

“Kendalanya kami hanya peralatan saja seperti Mesin Jhonder, Hand Tracktor, Kultifator, bahkan alat pembendeng karena selama ini kami hanya menyewa saja. Harapan kami kedepan kepada pemerintah muda-mudahan bisa membantu peralatan-peralatan tersebut guna menunjang dan mempertahankan produksi cabai  kami,” pungkasnya.

(*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.