Warna Desa Bilalang II Ciptakan Mesin Pemecah Cangkang Kemiri Dibanderol Puluhan Juta Ripiah

0

DETIKSULAWESI.COM, KOTAMOBAGU – Mahalnya harga mesin penggiling cangkang kemiri di pasaran, melatar belakangi Kardianto Mokoagow (27) warga Desa Bilalang II Kecamatan Kotamobagu Utara, untuk membuat mesin penggiling sendiri.

Kepada sejumlah awak media, saat disambangi di kediamannya, Senin (25/2/2020) Adi sapaan akrabnya sedikit menceritakan awal mula ia bisa membuat mesin ini.

“Awalnya, dulu saya bekerja di tempat penggilingan kemiri, dari situ saya coba melihat komponen dan peralatan di dalam mesin, akhirnya muncul niat
untuk mencoba membuat mesin penghancur cangkang kemiri. Setelah melalui beberapa kali proses pembuatan, akhirnya mesin ini pun berhasil saya buat,” kata Ayah 1 orang anak ini.

Dikatakannya, keahlian membuat mesin penggiling ini secara otodidak diperolehnya sejak tahun 2017 silam.

“Proses pembuatannya sih tidak memakan waktu lama, yang sedikit memakan waktu itu hanya pada saat mencari setelan mesin agar hasil yang diperoleh bisa maksimal,” ungkap Adi yang mengaku hanya mengenyam pendidikan tingkat SMP.

Ditambahkannya, dalam satu jam, mesin buatannya ini mampu menggiling kurang lebih 1 ton kemiri. Sehingga sejauh ini, mesin hasil karyanya ini sudah terjual 5 unit, dengan harga per unit dibanderolnya Rp 25 juta.

“Sekarung bisa sekalian masuk, kapasitasnya perjam mengolah 1 ton kemiri dengan cangkang, hasilnya pun kemiri yang digiling keluarnya utuh,” imbuhnya.

Ia berharap adanya bantuan berupa modal untuk mengembangkan produksi pembuatan mesin pemecah kemiri hasil karyanya ini.

(*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.