Sudah Kantongi Rekom PKPI, Benarkah MDT Belum Final?

0

DETIKSULAWESI.COM, BITUNG — Martin Daniel Tumbelaka (MDT), pengusaha muda yang sukses di ibukota negara ini, telah resmi mendapat rekomendasi dari Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Partai Keadilan Persatuan Indonesia (PKPI) untuk maju sebagai bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bitung di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020.

Dengan mengantongi rekom tersebut, wajah pengusaha sukses ini mulai terpajang disejumlah ruas jalan hingga pelosok Kota Bitung. Hal ini juga diiringi dengan kunjungan langsung ke beberapa tempat.

Tak luput juga, figur muda ini bersama tim suksesnya menyambangi Warung Kopi Resting Area Bitung, dan didampingi langsung oleh Sekretaris PKPI Kota Bitung Veysco Dandel SH, Sabtu (22/02/2020).

Menurut Veysco, MDT (Martin Daniel Tumbelaka) adalah jawaban dari doa-doa semua pengurus, kader serta simpatisan PKPI Kota Bitung yang menginginkan ada calon dari partainya.

“Namun, untuk mengusung beliau sebagai calon, partai ini harus berkoalisi dengan partai politik lainnya, sehingga berhak mengusung calon wali kota dan wakil wali kota,” jelasnya, dihadapan awak media.

Diketahui bahwa persyaratan mengusung calon wali kota dan wakil wali kota, partai politik minimal memperoleh paling sedikit 6 kursi (20% dari jumlah kursi) di DPRD Kota Bitung. PKPI saat ini memiliki 5 kursi, sehingga butuh tambahan satu kursi lagi untuk memenuhi syarat sebagai partai pengusung.

Tapi, saat ditanya apa benar MDT sudah final sebagai calon dari PKPI Kota Bitung? Agak tersendat Veysco menjawab. Menurutnya, DPN PKPI telah mengeluarkan rekomendasi kepada MDT, agar supaya mensosialisasikan dirinya sebagai bakal calon wali kota atau wakil wali kota.

“Kami akan mengevaluasi apakah popularitas dan elektabilitasnya menanjak atau tidak, kemudian melaporkan hasilnya ke pusat.  Untuk keputusan selanjutnya, itu kewenangan DPN. Yang pasti, PKPI Kota Bitung, harus tampil sebagai pemenang di Pilkada 2020 ini,” tegasnya, kepada detiksulawesi.com.

Sementara itu, di lokasi yang sama, MDT menyatakan keseriusannya untuk maju pada Pilkada Kota Bitung 2020 ini dan memang telah siap bertarung. Dirinya siap melakukan sosialisasi-sosialisasi serta menjelaskan sekaligus menawarkan program-program kerjanya.

Disisi lain sejumlah pengamat dan aktivis di Kota Bitung melihat, kehadiran MDT pada kontestasi politik kali ini akan memberikan warna yang baru.

Mereka menyayangkan jika pria berkumis tipis ini mencalonkan diri sebagai wakil wali kota saja.  Walau pendatang baru di dunia politik Kota Bitung, MDT dinilai memiliki wawasan yang luas dan punya pengalaman memimpin. Karena dia merupakan seorang pengusaha yang sukses di kota besar. Jadi sangat layak jika mencalonkan diri sebagai Wali Kota Bitung.

Untuk itu, mereka juga berharap pengusaha muda ini lebih fokus meraih tiket, hingga ditetapkan sebagai kontestan pemilihan wali kota dan wakil wali kota oleh Komisi Pemilihan Umum Kota Bitung.

Ditempat terpisah, Ketua PKPI Kota Bitung, Superman Boy Gumolung, ikut angkat bicara. Hadirnya sosok MDT mampu memanaskan suhu politik. Dirinya melihat popularitas dan elektabilitas MDT perlahan bergerak naik.

Ketua DPRD Kota Bitung ini mengajak seluruh kader dan simpatisan PKPI, untuk memberi ruang dan dukungan kepada MDT mengabdi serta menyumbangkan kemampuanya bagi Kota Bitung yang lebih baik.

“Kalo disana ada om kumis, pa torang ada nyong kumis. Pambae skali leh,” pungkasnya sambil tertawa.

(AMAT)

Leave A Reply

Your email address will not be published.