1.212 Peserta Ikuti Tes SKD CPNS Boltim Formasi 2019

0

DETIKSULAWESI.COM, BOLTIMSebanyak 1.212 Peserta ikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS formasi 2019 yang di selenggarakan oleh panitia pelaksana tes CPNS, Dinas Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Boltim bertempat di Gedung Sutan Raja Convention center Minahasa Utara (Minut), Sabtu (15/02/2020).

Pantauan di lokasi tes, peserta CPNS datang dengan menggunakan kemeja putih hitam. Sebelum masuk ke ruangan, mereka diminta melakukan registrasi pengambilan nomor PIN untuk login nanti.

Kepala Badan (Kaban) Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Boltim, Rezha Mamonto mengatakan, untuk pelaksanaan kegiatan SKD dengan sistem CAT ini berlangsung selama satu hari dengan dibagi empat sesi.

“kegiatan hanya hari ini saja dengan di bagi menjadi empat sesi sampai selesai. yang diikuti oleh 1.212 peserta pelamar untuk memperebutkan 97 Formasi di lingkungan Pemkab Boltim” ujar Rezha Mamonto.

Untuk Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2019, Tambah Rezha, ada tiga kelompok soal masing-masing Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Jika lolos tahap itu, peserta akan melanjutkan proses Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

“Peserta yang lulus SKD akan dilanjutkan dengan tes SKB. Namun untuk lulus SKD, peserta harus mencapai ambang batas atau passing grade yang telah ditetapkan,” jelasnya.

Lanjutnya, jika ada peserta tidak lulus atau tidak mencapai passing grade dalam satu formasi, pihaknya akan berkoordinasi dengan MenPAN-RB, Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Panitia Seleksi Nasional (Panselnas). “Kita akan koordinasikan dulu, agar ada solusinya untuk pemenuhan kebutuhan pegawai Boltim,” ucapnya.

Dirinya mengaku Tes CPNS ini begitu transparan, sehingga masyarakat bisa langsung melihat hasilnya. selain itu peserta juga wajib hadir 60 menit sebelum dimulainya tes.

“jika terlambat akan dinyatakan gugur karena sistemnya otomatis”, pungkas Rezha.

(Parz)

Leave A Reply

Your email address will not be published.