Bupati Sehan Landjar Hadiri Acara Adat Tulude di Jiko Belanga

0

DETIKSULAWESI.COM, BOLTIM — Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Salim Landjar SH, menghadiri acara adat Tulude yang digelar di desa Jiko Belanga, Sabtu (1/2/2020).

Tulude sendiri berasal dari bahasa suku Nusa Utara, Sangihe yang berarti, upacara adat syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa atas berkat-berkat dan penyertaanya kepada umat manusia, selama setahun yang lalu kita telah melakukan kesalahan. Dan di tahun ini tidak akan mengulanginya lagi.

Dalam sambutanya Bupati menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat Boltim berdarah nusa utara yang bermukim di Jiko Belanga.

“Atas nama pribadi, keluarga dan pemerintah daerah, saya berikan apresiasi kepada masyarakat Boltim berdarah nusa utara yang bermukim di Jiko Belanga yang telah berinisiatif melaksanakan suatu hajat kebiasaan turun temurun yakni pesta adat tahunan Tulude,” ucap Sehan Salim landjar.

Lanjut Bupati tuturkan masyarakat nusa utara sangat menjunjung tinggi persatuan, kesatuan berbangsa dan bernegara.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa sejak zaman purbakala masyarakat nusa utara sangat menjunjung tinggi persatuan kesatuan berbangsa dan bernegara. Sama hal yang telah terurai dalam kue adat Tamo, seperti dalam penjelasan yang disampaikan oleh tetua adat tadi,” kata bupati.

Dikatakannya bahwa, sejak awal Jiko Belanga ini telah menjadi perhatian. Karena selama 40 tahun hampir sebagian mereka tidak mengenal siapa peminpin atau bupatinya.

“Ketika pertama kali dalam kunjungan saya di sini, anak anak sekolah hampir tidak mengetahui kalau saya sebagai bupati. Sehingga selama kurang lebih 9 tahun kepemimpinan, saya telah memprioritaskan pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana berupa jalan, jembatan, pendidikan dan kesehatan untuk di alokasikan anggaran yang signifikan di desa ini,” imbuh bupati.

Dia menambahkan, masih ada beberapa sisa jalan tembusan, RTLH, Perumahan guru, Rumah perawat kesehatan yang akan di tuntaskan pada tahun ini.

Turut hadir pada acara tersebut Ketua TP-PKK Boltim Ny. Nursiwin Yunus Dunggio, SAP. yang juga sebagai anggota DPR Provinsi Sulut, Kapolres Boltim AKBP Irham Khalid, SIK, Ketua KNPI Boltim Amalia Ramadhan Landjar, SKM, jajaran OPD, masyarakat kecamatan Nuangan.

(*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.