Disparbud Bolsel Sukses Gelar Festival Tulude Tahun 2020

0

DETIKSULAWESI.COM, BOLSEL — Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bolsel, Jumat (31/01/2020), sukses menggelar Festival Tulude yang dilaksanakan masyarakat Nusa Utara di Kecamatan Pinolosian Timur.

Kegiatan yang dipusatkan di lapangan Desa Dumagin A, dihadiri langsung oleh Bupati Bolsel Hi. Iskandar Kamaru, SPt, Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid, Anggota DPR RI Hi. Herson Mayulu, SIP, serta seluruh jajaran pejabat Pemkab Bolsel.

Festival ini merupakan ucapan syukur masyarakat, atas berkat yang mereka dapatkan selama tahun 2019, Bupati bersama rombongan saat tiba ditempat acara langsung disambut dengan tarian Masamper oleh masyarakat Dumagin A.

Bupati Bolsel pada kegiatan Tulude Tahun 2019 lalu, menerima penghargaan dari masyarakat Nusa Utara yang ada di Bolsel ini, yaitu ‘Malambeng Nakoko Lambung’ yang artinya ‘pemimpin yang menyatukan umat’.

Bupati dalam sambutanya menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakanya Festival Tulude merupakan ungkapan syukur pada tuhan dan juga Tulude ini mempunyai makna yang jelas.

“Festival tulude merupakan ungkapan syukur pada tuhan, atas perlindunganya di tahun 2019 serta masuk 2020, tulude ini juga mempunyai empat makna yaitu, wahana untuk menjalin hubungan persaudaraan, kemudian syukur berserah kepada tuhan, tinggalkan hal yang tidak dikehendaki tuhan dan berjanji berbuat baik sekaligus menolak bala, dan yang ke empat yaitu sebagai sarana perekat antara pemerintah dan masyarakat,” ujar Bupati.

Lanjutnya Bupati, sesuai dengan Visi daerah Religius Pemerintah sangat menyambut baik kegiatan yang sudah rutin menjadi acara tahunan ini.

“Momentum yang sarat dengan nuansa religi dan pelestarian budaya seperti ini, patut untuk dilaksanakan, dan kegiatan ini juga di bolsel rutin di laksanakan setiap tahunya dan di anggarkan melalui APBD,” ujarnya lagi.

Bupati juga mengajak masyarakat Bolsel untuk memaknai perayaan adat ini sebagai tempat menjalin kebersamaan dan persaudaraan dalam suatu komunitas yang utuh.

“Bolsel adalah daerah yang kaya akan nilai budaya yang terdiri dari berbagai etnis, yang salah satunya adalah etnis sangihe yang merupakan suatu khasanah budaya dan memiliki nilai-nilai tradisi dan kearifan lokal, maka dari itu marilah kita semua untuk menjaga itu semua, bagaimana caranya, caranya dengan menjaga tali persaudaraan di antara kita,” kata Iskandar.

Diakhir sambutan, Bupati mengucapkan terima kasih kepada panitia dan masyarakat yang telah bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk mensukseskan Festival Tulude Tahun 2020 ini.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh panitia dan masyarakat desa dumagin A yang telah bekerja sama dengan pemerintah untuk suksesnya kegiatan ini, semoga di tahun 2021 kita semua bisa bersama lagi di tempat ini,” tutup Kamaru.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Anggota DPR RI Hi. Herson Mayulu, Sip, Gubernur Sulut yang diwakili Karo Ekonomi Pemprov Sulut Hanny Wayong, Ketua DPRD Bolsel Bersama Jajaran, Anggota DPRD Provinsi Sulut Hj. Muslimah Mongilong, Sekertaris Daerah (Sekda) Bolsel, Pimpinan OPD, Forkopimda Kabupaten Bolsel, Tokoh adat sangihe serta seluruh masyarakat Nusa Utara yang ada di Bolsel.

(Advertorial)

Leave A Reply

Your email address will not be published.