Presiden Jokowi Minta Pengembangan Destinasi Wisata Super Premium Labuan Bajo Segera Dikerjakan

0

DETIKSULAWESI.COM, JAKARTA — Presiden RI, Ir Joko Widodo (Jokowi), meminta kepada pihak pengembangan destinasi wisata super premium Labuan Bajo, di Nusa Tenggara Timur (NTT), mulai dilakukan pelaksanaan pekerjaannya awal tahun ini.

Sebegaimana disadur melalui situs aa.com, penyampaian Presiden Jokowi, dalam rapat terbatas mengenai pembenahan destinasi wisata Labuan Bajo, di Plataran Komodo Resort, Nusa Tenggara Timur, Senin (20/01/2020).

“Yang pertama, berkaitan dengan penataan kawasan. Kita memang ingin agar segmen pasar wisatawan yang hadir disini adalah yang pengeluarannya lebih besar dari wisatawan kebanyakan. Dan oleh sebab itu, kita perlu sekali melakukan integrasi, baik yang berkaitan dengan kerapian, kebersihan, dan kenyamanan, keamanan bagi para wisatawan,” ujar Presiden mengawali arahannya.

Presiden menyampaikan, meski ada beberapa hotel berbintang dengan berbagai fasilitas yang ada, tetapi masih sangat diperlukan lagi tambahan hotel untuk Labuan Bajo.

“Ada lima zona yang harus kita tata, yaitu yang pertama yang ada di Bukit Pramuka, kemudian kedua yang di Kampung Air, ketiga di pelabuhan peti kemas dan dermaga penumpang, dan kemudian yang keempat di kawasan marina, yang kelima di zona Kampung Ujung,” ujar Presiden.

Kepala Negara menyampaikan bahwa lima zona tersebut akan menjadi sebuah ruang publik tidak terputus yang menghadirkan sebuah landscaping indah dan menjadi generator penggerak pembangunan serta pusat aktivitas masyarakat di Labuan Bajo.

“Yang kedua, yang berkaitan dengan Infrastruktur. Saya berharap ini awal tahun ini runway dan terminal akan segera dimulai,” tutur Presiden.

Presiden berharap nantinya bandara ini akan mendapatkan sebuah lalu lintas, traffic, yang semakin banyak karena dari segi pengelolaan memiliki kemampuan serta jaringan dalam rangka mendatangkan wisatawan ke Labuan Bajo.

Berkaitan dengan penyiapan SDM, Kepala Negara menginginkan masyarakat lokal harus menikmati dan menjadi bagian dari pembangunan yang dilakukan.

“Karena itu SDM masyarakat lokal cepat-cepat harus kita tingkatkan keahliannya, kompetensinya, baik dari sisi keterampilan yang disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di industri pariwisata yang ingin kita kerjakan,” kata Presiden.

(dsc/aac)

Leave A Reply

Your email address will not be published.