Bupati Tolitoli: Perencanaan Adalah Awal Dari Segala Aktivitas Pemerintahan

0

DETIKSULAWESI.COM, TOLITOLI- Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Tolitoli, menggelar Rapat Koordinasi perencanaan persiapan pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Tingkat Kecamatan serta Tingkat Desa dan Kelurahan tahun 2020.

Rakor Perencanaan itu, dibuka secara resmi oleh Bupati Tolitoli Moh. Saleh Bantilan, Kamis pagi (9/1/2020 ) di Aula Wisma Daerah Bale Tau Dako Lipu Tolitoli.

Saat memberikan sambutannya, Moh. Saleh Bantilan, mengatakan perencanaan adalah awal dari segala aktivitas pemerintahan. Sehingga, di dalam merencanakan, baik di pusat maupun Provinsi sampai Kabupaten atau Kota harus menjunjung tinggi prinsip efektivitas dan efisiensi.

“Kedudukan dan hubungan pemerintah pusat dan daerah jelas Bupati adalah tegak lurus, maknanya adalah bahwa kebijakan-kebijakan tingkat Nasional harus menjadi acuan oleh Daerah kita,” ujarnya.

Bupati juga menjelaskan, dalam mewujudkan pembangunan yang lebih berkualitas dan mendorong percepatan target daerah seiring dengan prioritas adalah melakukan upaya-upaya strategis untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.

“Sehingga pembangunan dapat dicapai dengan baik dan berkualitas, melakukan percepatan dan penguatan pembangunan infrastruktur yang mampu memberikan daya ungkit terhadap sektor-sektor unggulan di daerah agar dapat mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh lapisan masyarakat,” kata Bupati.

“Selanjutnya, program strategis daerah harus mendukung program strategis di pusat, sehingga tercipta sinergitas pembangunan pusat dan daerah,” sambungnya.

Bupati menambahkan, bahwa perencanaan yang ada di Desa itu tidak harus mengusulkan namun harus menguasai apa yang harus dibuat di masing-masing Desa dan Kelurahan.

“Kepada seluruh peserta Rakor, diharapkan hasil dari rakor perencanaan ini dapat menjadi pedoman bagi penyelarasan pelaksanaan Musrenbang tingkat Kecamatan dan tingkat Desa atau Kelurahan, sehingga dapat terimplementasi dengan baik,” pungkasnya.

Pembukaan Rekor tersebut turut dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Tolitoli, Mukaddis Syamsuddin, Kepala BAPPEDA Kabupaten Tolitoli Chrisman T. Isol, sejumlah kepala Perangkat Daerah, seluruh Camat, Lurah dan Kepala Desa se Kabupaten Tolitoli, Ketua TP.PKK Kabupaten bersama anggota, panitia pelaksana dan para peserta Rakor. **

Leave A Reply

Your email address will not be published.