Bupati Konsel Pantau Pelaksanaan Pilkades Serentak 2019

0

DETIKSULAWESI.COM,KONSEL- Konawe Selatan (Konsel) merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Sulawesi Tenggara yang melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak, Sabtu, (28/12/2019). 128 desa yang menggelar Pilkades tersebar di 24 Kecamatan, terkecuali Kecamatan Wolasi.

Memastikan tahapan penyelenggaraan berjalan lancar, Bupati Konsel, Surunuddin Dangga didampingi Kepala Inspektorat, Mujahiddin, Kasatpol PP, Anwar Aras, Kadispora, Burahim, dan Kabag Humas, Gunawan, turun langsung kelokasi pemungutan suara untuk memantau seluruh proses pemilihan.

Wilayah pertama yang dikunjungi  orang nomor satu di Konsel tersebut, yakni Kecamatan Andoolo, lalu ke Kecamatan Buke dan Andoolo Barat serta Kecamatan Lalembuu.

Selanjutnya Bupati bergeser ke Kecamatan Basala, Benua, Angata, Mowila, dan tiba di Kecamatan Landono pukul 12.30 Wita sekaligus melaksanakan Salat Dzuhur di Masjid setempat.

Tepat Pukul 14.00 Wita, Bupati bersama rombongan tiba dan melakukan pemantauan di Kecamatan Ranomeeto Barat, dan mengakhiri kunjungannya di Kecamatan Ranomeeto.

Hampir di setiap Kecamatan, Surunuddin berkomunikasi dengan para Cakades, Panitia Pelaksana Pilkades dan pihak pengamanan dari unsur TNI – Polri, sembari menyapa dan bersalaman dengan para warga baik yang akan maupun yang telah menyalurkan hak pilihnya di masing – masing wilayah tersebut.

Ia tak henti – hentinya menyampaikan selamat atas pelaksanaan tahapan Pilkades hingga pencoblosan yang berlangsung aman dan lancar, tanpa ada riak-riak yang mengganggu ketertiban umum.

“Saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas terlaksananya Pilkades serentak ini dengan tertib dan sukses, siapapun yang nantinya terpilih harus di dukung, dan yang terpilih harus merangkul yang tidak terpilih,” imbuhnya.

Semua pihak harus menerima apapun hasil Pilkades ini, tandasnya, dan bersama-sama membangun Desanya untuk perubahan yang lebih baik, baik dari segi pembangunan infrastruktur maupun SDM masyarakat Desanya, dengan terua menjaga tali silahturahmi dan semangat persatuan dan kesatuan, yang juga sebagai bagian dalam mewujudkan Desa Maju Konsel Hebat yang masyarakatnya unggul, amanah, religius dan sejahtera.

Untuk diketahui, disela – sela memantau pelaksanaan Pilkades, Bupati menyempatkan meninjau pembangunan jembatan yang telah rampung pelaksanaannya yang menghubungkan dua Kecamatan, yakni Kecamatan Lalembuu dan Kecamatan Basala.

(Edison)

Berikut daftar pemenang Pilkades di sejumlah Desa.

Kecamatan Kolono Timur:

Desa Ngapawali Kades terpilih, Awaluddin, Desa Batu Putih, Hayuddin, Desa Rumba – Rumba, Jumadil, Desa Ampera, Haristan, Desa Amolengu, La Ode Insan, dan Desa Langgapulu, Ikbal.

Kecamatan Kolono:

Desa Ulusena, Iman Akbar, Desa Tiraosu, Jumrin, Desa Puupi, Erwin Mangidi, Desa Lamapu, Abdul Rasyid, Desa Matandahi, Baharuddin, Desa Andinete, Asmin, Desa Awunio, Arkas, Desa Meletumbo, Saldin, Desa Sawah, Justamin, Desa Wawoosu (Serka) Jimansar, Desa Waworano, Suleman, Desa Langgowala, Usman, Desa Mataiwoi, Hasiani, dan Desa Sarandua, Harafik.

Kecamatan Mowila:

Desa Mowila, Nani Kalenggo, Desa Mulyasari, Suhardin, Desa Lalosingi, Hasanuddin dan Desa Ranoaopa, Gede Budi Suryawan.

Kecamatan Lainea:

Desa Lalonggombu, Umar Malik, Desa Aoreo, Anas Hasabu, Desa Watumeeto, Rusli, Desa Pangan Jaya, Munadi, Desa Lainea, Aris, Desa Matabubu Jaya, Jumadil, Desa Molinese, Sinaruddin, dan Desa Bangun Jaya, Masrin.

Kecamatan Tinanggea:

Desa Bungin Permai, Abd Sidik, Desa Torokeku, Enteng.

Kecamatan Buke:

Desa Andoolo Utama, Suyanto, Desa Awalo, Didik Sudiono, Desa Anggokoti, Agustam, Desa Wulele Jaya, Amirudin, Desa Adaka Jaya, Sunar, Desa Rahameenda, Suparwiyanto, Desa Tetenggolasa, Paeran, dan Desa Pelandia, Ungge

Kecamatan Ranomeeto Barat:

Desa Abeko, Edy, Desa Opaasi, Muslan, Desa Laikandonga, Irwan, Desa Tunduno, Subhan, Desa Jati Bali, I Made Budiarta, dan Desa Sindang Kasih, Ahmad Supena.

Leave A Reply

Your email address will not be published.