Bersilaturahmi, Komandan Guspurla Koarmada II Dijamu Pemkab Tolitoli

0

DETIKSULAWESI.COM,eTOLITOLI- Komandan Gugus Tempur Laut (Guspurla) Komando Armada (Koarmada) II, Laksma TNI Rahmat Eko Rahardjo, M.Tr (Han) CHRMP, berkunjung ke Pemkab Tolitoli dalam rangka kunjungan kerja di

Kunjungan sekaligus silaturahmi itu, disambut baik Pemkab Tolitoli dengan menggelar makan malam bersama, di Wisma Daerah Balre Tau Dako Lripu Tolitoli.

Makan malam itu, dihadiri oleh Sekda Tolitoli mewakili Bupati hingga sejumlah pejabat di Pemkab Tolitoli.

“Ini merupakan kunjungan kerja dan silaturahmi yang pertama selama menjabat sebagai Komandan Guspurla Koarmada II. Selain itu, kunjungan ini juga untuk menjalin serta menguatkan sinergitas yang selama ini telah terjalin sekaligus menyamakan komunikasi antara TNI AL dengan jajaran pimpinan di setiap daerah,” kata Rahmat Eko Raharjo.

Sementara, Sekretaris Daerah Kabupaten Tolitoli, Mukaddis Syamsuddin, saat membacakan sambutan tertulis Bupati, memberikan gambaran secara umum bahwa Tolitoli merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Sulawesi Tengah yang memiliki panjang garis pantai 453,98 km.

“Secara geografis, terletak di pesisir pantai barat Sulawesi, tepat di pintu masuk bagian utara selat Makassar yang berhadapan langsung dengan laut Sulawesi dan selat Makassar dengan luas laut mencapai 300.859,22 ha. Kabupaten Tolitoli memiliki 43 pulau, bahkan tiga diantaranya merupakan pulau terluar yang berbatasan langsung dengan Negara Malaysia, yakni Pulau Lingayan di Kecamatan Dampal Utara, Pulau Dolangan di Kecamatan Tolitoli Utara dan Pulau Salando di Kecamatan Dako Pemean,” ujar Sekda membacakan sambutan Bupati.

Kondisi luas lautan tersebut lanjutnya, mengakibatkan wilayah perairan Tolitoli menjadi rentan dimasuki oleh kapal asing ilegal, apabila tidak didukung oleh gugus tempur laut yang tangguh yang secara langsung didukung melalui kekuatan Pangkalan TNI-Angkatan Laut Tolitoli dan instansi terkait.

Selain itu, pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Tolitoli dapat berjalan kondusif berkat sinergitas dan kerja sama yang dibangun antara TNI, Polri serta masyarakat yang mengerti tugas, pokok dan fungsinya masing-masing sebagai warga negara.

“Olehnya itu, Bupati mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas dedikasi dan loyalitas yang telah dipersembahkan oleh semua pihak sehingga Kabupaten Tolitoli menjadi daerah teraman di Sulawesi Tengah,” tutupnya. **

Leave A Reply

Your email address will not be published.