Keliru Sakit Flu Minum Amoksisilin

0

DETIKSULAWESI.COM, JAKARTA — Konyol dan keliru bila sakit flu mengonsumsi obat antibiotik, hingga saat ini sering terjadi dan kerap diberikan oleh dokter adalah amoksisilin.

Menurut Ketua Komite Pencegahan Antimikroba Nasional (KPRA), DR dr Hari Paraton SpOG(K), menjelaskan pentingnya pasien mengenali penyebab penyakit yang dideritanya, terutama disebabkan oleh virus atau bakteri. Cara pengobatan kedua jenis infeksi tersebut berbeda, meskipun sama-sama membutuhkan obat dengan resep dari dokter.

“Bila infeksi virus ngapain minum amoksisilin? Contohnya gini, kalau saya mau ke Bogor, ternyata saya jalan ke Bekasi. Saya mau terus jalan ke Bekasi atau berhenti? Ya berhenti dong,” ucap dr Hari, Kamis (19/12/2019).

Diketahui kata dr Hari, Amoksisilin merupakan obat untuk mengatasi berbagai macam infeksi bakteri. Namun, penggunaan amoksisilin yang salah bisa berakibat bakteri jahat di dalam tubuh akan menjadi kebal pada antibiotik.

Menurut dr Hari, antibiotik yang memang harus dihabiskan adalah penyakit disebabkan oleh infeksi bakteri spesifik.

“Antibiotik harus habis itu kalau infeksinya spesifik, contohnya TBC (Tuberkulosis), TBC harus taat azas 6 bulan, kalau bakteri TBC-nya sudah resisten (kebal), minimal 11 bulan dia harus mendapatkan terapinya. Bahkan, bisa setahun lebih. Nah itu yang bahaya dan itu antibiotik yang harus habis,” ucap dr Hari.

Sumber: detik.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.