Bupati Konsel Launching Kader Milenial Sadar Adminduk dan Dukcapil Go Digital

0

KONSEL, Untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang inovasi dalam percepatan proses layanan administrasi kependudukan (Adminduk), Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Selatan (Konsel) melakukan peluncuran “Kader Milenial Sadar Adminduk dan Pendudukan Catatan Sipil (Dukcapil) Go Digital”, di lapangan Sepak Bola Punggaluku – Kecamatan Laeya, Kamis (19/12/2019).

Kegiatan yang dilaunching Bupati Konsel, Surunuddin Dangga tersebut bertujuan untuk mengajak para pelajar menjadi fasilitator, mediator, dan informator dalam memberikan informasi pengurusan dokumen kependudukan yang cepat, tepat dan aman, khususnya di TK, SD, SLTP dan SLTA.

“Launching Go Digital Adminduk tingkat Kab Konsel ini adalah inovasi percepatan pelayanan yang dimulai dari tingkat pusat, dan hari ini kita mulai laksanakan di Konsel, yang penerapannya diharapkan mampu memberikan perubahan paradigma dalam pelayanan kepada publik yang sudah tidak dibatasi dengan ruang dan waktu,” ujar Bupati Konsel, Surunuddin Dangga mengawali sambutannya.

Dengan Go Digital, sambungnya, masyarakat Konsel mudah membuat akta kelahiran hanya di rumah masing-masing melalui perangkat Handhone/Laptopnya saja, tanpa harus datang jauh-jauh atau antri di Kantor Disdukcapil.

“Ini bentuk inovasi yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, dengan sistem penertiban dokumen kependudukan yang murah, mudah dan akurat, dan bagi pejabat terkaitpun tinggal menandatangani melalui tanda tangan elektronik untuk penertiban KK, Surat Pindah, Akta Kelahiran, dan Akta Kematian,” tuturnya.

Dan melalui launching hari ini dengan melibatkan kader milenial, jelasnya, mereka diharapkan dapat bertindak sebagai agen pembaharu yang menjadi fasilitator, mediator dan informator dalam memberikan informasi terkait kepengurusan kependudukan melalui medsos, sehingga tersosialisasikan dengan cepat, baik dilingkungan sekolah, rumah, organisasi intra sekolah dan organisasi kepemudaan lainnya.

Untuk mendukung Go Digital ini juga, saya perintahkan seluruh OPD, Camat/Lurah/Kades untuk selalu berkoordinasi, bekerjasama dan membantu program dengan Disdukcapil dalam meningkatkan cakupan dokumen kependudukan dan dalam mengupdate dokumen lainnya agar melampaui target RPJMD 2016 – 2021 dan RPJMN.

“Saya perintahkan seluruh OPD, Camat, Lurah, Kepsek, Guru hingga pemerintahan tingkat Desa agar bersinergi dengan Disdukcapil untuk mencari -/+ 3000 orang warga yang belum melakukan perekaman untuk diterbitkan KTPnya, Tahun 2020 semua harus sudah fix baik KK, KTP maupun KIA, karena ini semua demi kelanjutan kehidupan masa yang akan datang bersangkutan,” tukasnya.

Dimana, tandas Surunuddin, kita semua harus sama-sama berkomitmen menjaga dan meningkatkan pelayanan publik yang lebih luas dan lebih baik di tahun-tahun  mendatang, yang target dan sasarannya bermuara untuk membahagiakan masyarakat menuju Desa Maju Konsel Hebat

Kadis Disdukcapil Konsel, Nurlita Jaya mengatakan bahwa kegiatan launching hari ini adalah sebuah gerakan untuk membangun ekosistem pemerintahan yang sadar akan pentingnya adminduk, dan sebagai upaya perlindungan dan pemenuhan hak konstituonal warga negara termasuk hak anak.

Selain itu, Nurlita menjelaskan bahwa dari jumlah penduduk di Konsel 311 615 Jiwa, yang wajib ber KTP 213.293 jiwa, yang telah melakukan perekaman 209.723 atau 98.33%, sisanya sejumlah 3.570 jiwa atau 1.67% belum melakukan perekaman.

Dengan kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA) berjumlah 2.305 jiwa dari 103.429 anak yang wajib KIA, olehnya itu, melalui kegiatan ini berharap dapat meningkatkan jumlah pengguna KIA dengan mendorong peran aktif dan kesadaran para generasi milenial memiliki KIA.

Selain pelibatan kader milenial, ungkapnya, kami juga telah melakukan beberapa inovasi guna meningkatkan cakupan kepemilikan KIA, yakni menyiapkan ruang konseling, membentuk grup kader milenial sebagai layanan informasi di Medsos, dan kerjasama dengan beberapa pihak seperti Wonua Monapa Resort, Toko Buku Al-Fahmi Punggaluku, dan beberapa toko sembako yang tersebar dibeberapa Kecamatan, terkait pemanfaatan KIA yang setiap belanja ditempat tersebut mendapat diskon khusus.

Menutup laporannya, Nurlita menyampaikan terima kasih kepada Bupati Konsel yang telah memberikan perhatian, dukungan, support, khususnya penyediaan sarana dan prasarana layanan, termasuk pemberian tambahan incentif bagi para operator SIAK baik di Kabupaten maupun di Kecamatan yang merupakan ujung tombak pelayan masyarakat.

(Edison)

Leave A Reply

Your email address will not be published.