Bersama Diskominfo, Dinas PMD Kotamobagu Sosialisasi Aplikasi SIPPDESA

0

DETIKSULAWESI.COM, KOTAMOBAGU — Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kota Kotamobagu menggelar Sosialisasi Sistem Informasi Pelaporan Pembangunan Desa (SIPPDESA), Kamis (19/12/2019).

Sosialisasi ini dilaksanakan di Aula Kantor Dinas PMD dan turut dihadiri oleh para Sekertaris Desa (Sekdes) dan Operator di masing-masing Desa se-Kota Kotamobagu.

Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat, Rum Mokoagow, menjelaskan bahwa Aplikasi SIPPDESA ini merupakan salah satu Inovasi yang dilakukan oleh Dinas PMD Kota Kotamobagu.

“Sesuai dengan program Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu, bahwa setiap SKPD itu harus memiliki satu Inovasi. Nah, untuk inovasi PMD sendiri yakni program SIPPDESA ini,” terang Rum.

Dikatakannya, manfaat dari adanya program ini dapat mempermudah pihak desa dalam melaporkan segala informasi maupun kegiatan yang dilaksanakan oleh desa itu.

“Lewat program SIPPDESA ini, lebih memudahkan operator desa untuk melaporkan segala jenis kegiatan. Mulai dari bidang pembangunan desa, kegiatan Pemdes, hingga kegiatan pemberdayaan sejak tahun 2015 hingga sekarang, akan diinput pada program SIPPDESA,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang e-Goverment Diskominfo Kendy Kinontoa menambahkan, kegunaan dari adanya program SIPPDESA ini dapat menintegrasikan data di desa dan Pemkot Kotamobagu melalui PMD.

“Intinya lewat SIPPDESA ini, segala data antara Desa dan Pemkot lebih terintegrasi,” jelasnya.

(*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.