Buka Seminar Budaya, Nayodo Ajak Masyarakat Lestarikan Seni dan Budaya Daerah

0

DETIKSULAWESI.COM, KOTAMOBAGU — Wakil Wali Kota Kotamobagu, Nayodo Koerniawan mengatakan, pelestarian seni budaya daerah merupakan wujud dan bentuk penghargaan terhadap kecintaan terhadap warisan leluhur.

Pelestarian adat, seni dan budaya kata dia, bukan hanya tanggungjawab dari Pemerintah Daerah saja, namun membutuhkan dukungan dari semua pihak termasuk para seniman, budayawan, maupun masyarakat pada umumnya yang ada di daerah ini.

Hel tersebut disampaikan Nayodo Koerniawan saat membuka kegiatan Seminar Budaya, yang digelar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Kotamobagu di Restoran Lembah Bening, Jumat (13/12/2019).

Dikesempatan itu, nayodo juga mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk terus melestarikan budaya. Serta kembali menggali berbagai seni dan budaya yang mungkin saja sudah mulai dilupakan oleh generasi muda.

“Ini perlu saya ingatkan kepada kita semua karena upaya melestarikan seni dan budaya merupakan sebuah hal yang sangat penting. Mengingat, selain merupakan warisan yang sangat berharga bagi para generasi yang akan datang, berbagai kebudayaan yang kita miliki, juga dapat menjadi ajang promosi daerah,” ungkapnya.

“Sehingga saya sangat berharap agar kiranya melalui pelaksanaan seminar budaya pada hari ini, akan ada keputusan-keputusan strategis dalam rangka revitalisasi seni dan budaya Mongondow dalam rangka pelestarian nilai-nilai kearifan lokal,” tambah Wawali.

Tak hanya itu saja, Wawali juga meminta kepada pihak terkait dalam hal ini Disparbud Kotamobagu agar dapat melakukan inventarisasi terhadap beberapa seni dan budaya Mongondow yang saat ini sudah hampir punah.

“Sehingga nantinya dapat kembali diperkenalkan dan dipentaskan kembali, sebagai bagian dari upaya kita semua dalam melestarikan berbagai seni dan budaya yang ada di daerah ini,” jelasnya.

(Kifly)

Leave A Reply

Your email address will not be published.