Lagi, Surunuddin Gelar Rakor Sekaligus Bagikan Bantuan Tunai Ke Wirausahawan Dodol di Kolono Timur

0

DETIKSULAWESI.COM, KONSEL- Demi meningkatkan kinerja, Bupati Surunuddin intens melakukan evaluasi bagi aparaturnya di tingkat Kecamatan. Kali ini, Surunuddin melakukan kunjungan sekaligus evaluasi kinerja di Kecamatan Kolono Timur.

Ia pun didampingi Wakil Bupati Arsalim Arifin, Sekda Sjarif Sajang, Ketua TP-PKK, dan sejumlah Pimpinan OPD Pemkab Konsel.

Di hadapan para aparatur Kecamatan dan aparatur kelurahan/desa, Surununddin mengatakan kunjungan kerja serta rapat koordinasi dengan pemerintah kecamatan, untuk melihat progres pembangunan dan pelayanan hingga kinerja aparatur.

“Saya meminta agar seluruh aparatur dapat pro aktif dalam hal meningkatkan kinerja dan meningkatkan kedisiplinan,” ajak Surunuddin.

Lebih lanjut Surunuddin menegaskan agar lebih fokus dan maksimal dalam memberikan pelayanan, khususnya tenaga kesehatan dan guru.

“Aparatur di daerah adalah yang terdepan dalam melakukan pelayanan di semua segmen untuk mewujudkan pemerintahan yang melayani, tidak korupsi, dan mampu membuat inovasi untuk kesejahteraan rakyat,” ujarnya.

Terkait kendala dan permasalahan di lapangan, mantan Ketua DPRD Konsel ini bakal mencari solusinya dengan cepat, termasuk akan menaikkan gaji aparatur Desa, guru honor dan tenaga kesehatan non ASN.

Ia berjanji, akan memperbaiki jaringan irigasi dan jaringan telekomunikasi dan akan membuka Bank Sultra untuk mendekatkan pelayanan perbankan yang tidak perlu ke Kecamatan lain, sehingga pertumbuhan ekonomi dapat berjalan dengan baik.

“Penyelenggaraan pemerintahan Pemda Konsel telah mendapat banyak pengakuan hingga tingkat nasional, dibuktikan banyaknya penghargaan yang diterimanya yang merupakan hasil kerja seluruh elemen masyarakat, sekaligus bukti keseriusan Pemda membangun Konsel yang lebih baik lagi,” urainya.

Selian kinerja, Surunuddin pun menyinggung soal potensi wisata di Kecamatan Koltim, yakni teluk Kolono hingga potensi perkebunan dan pertanian.

Kata dia, jika potensi tersebut dimanfaatkan dan dikelola secara baik, maka akan memberikan dampak positif bagi peningkatan ekonomi.

“Ada tiga unggulan yang dipunyai dan menjadi potensi untuk terus dikembangkan dan berdampak terhadap peningkatan ekonomi, yakni Teluk kolono, tanaman kelapa dan jambu mete,” kata Surunuddin.

“Teluk Kolono telah dilakukan penelitian oleh ilmuwan dari Amerika, dan hasilnya memiliki potensi sangat bagus karena ditopang pohon Mangrove yang masih terjaga dengan baik. Untuk itu saya berpesan agar masyarakat terus mempertahankan kondisi tersebut dengan tidak merusak dan menjaganya serta tidak membuang sampah di Teluk Kolono,” tukasnya.

Selanjutnya Surunuddin menyampaikan agar masyarakat memanfaatkan potensi pertanian dan perikanan yang ada, serta memanfaatkan Dana Desa untuk pertumbuhan ekonomi.

“Saya bangga, walaupun ditengah musim kemarau panjang, warga Koltim mendapat nikmat yaitu hasil panen pertanian jambu mente kualitas baik, untuk itu Ia menghimbau agar masyarakat selalu mensyukuri atas nikmat yang diberikan sang pencipta,” ujarnya.

Dan untuk meningkatan pendapatan keluarga, Ia berjanji akan memberikan pelatihan kepada para Ibu Rumah Tangga untuk membuat usaha pengolahan ikan, kelapa maupun jambu mete, agar orang orang yang melintas dapat membeli hasil usahanya.

“Apalagi Koltim merupakan daerah lintasan menuju Kab Buton. tambahnya, yang Secara perlahan kita akan menuju terwujudnya Desa Maju yang masyarakat sejahtera, sehingga cita-cita Konsel Hebat dapat tercapai,” pungkasnya.

Dan dalam pertemuan tersebut, Surunuddin menyerahkan bantuan sarana wirausaha Tenaga Kerja Mandiri (TKM) pengolahan hasil pangan pembuatan Dodol, Manisan dan Sirup kepada 8 (delapan) kelompok di tiga Desa, yaitu desa Rumba-Rumba, Desa Ampera, dan Desa Langgapulu.

(Edison)

Leave A Reply

Your email address will not be published.