Bawaslu Boltim Buka Pendaftaran Panwascam

0

DETIKSULAWESI.COM, BOLTIM — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), telah membuka pemasukan berkas pendaftaran Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2020. Pemasukan berkas sudah terhitung dua hari sejak dibukanya pendaftaran dari Bawaslu.

Diketahui, pendaftaran yang telah dibuka sejak 27 November lalu, rencananya akan berlangsung hingga 3 Desember 2019 mendatang.

Ketua divisi hukum, penindakan, pelanggaran dan penyelesaian sengketa Bawaslu Boltim, Hariyanto, mengatakan, dalam perekrutan calon Panwascam, pihak Bawaslu Boltim memberi catatan dan perhatian khusus terhadap rekam jejak calon Panwascam yang mendaftar.

Lanjutnya, pihaknya akan menilai rekam jejak digital termasuk media sosial.

“Kita akan pantau mulai dari media sosial dan juga rekam jejak keseharian, semua akan di cek, apa pernah jadi tim sukses atau tidak,” ujarnya.

Menurutnya, rekam jejak itu sangat penting dan menjadi perhatian serius Bawaslu Boltim untuk ditelusuri.

“Jadi selain syarat administrasi, rekam jejak itu penting, jangan sampai ada penyusup sebagai titipan partai politik,” ucapnya.

Tak lupa Ia mengingatkan akan lebih teliti dalam menyeleksi calon Panwascam nanti.

“Baik dari segi integritas maupun loyalitas. Termasuk yang pernah diberhentikan, atau yang pernah mengusulkan mengundurkan diri baik di bawaslu atau di KPU.

“Jadi kita akan telusuri, karena ini menyangkut integritas yang perlu dipertanyakan,” ujarnya.

Ia menambahkan, dikhususkan bagi calon panwascam petahana akan dinilai dan dievaluasi hasil kerja sebelumnya.

“Petahana akan diperhatikan kinerjanya, apa maksimal atau tidak,” ujarnya lagi.

(Parz)

Leave A Reply

Your email address will not be published.