Moyag Sentra Gula Merah di Kotamobagu

0

DETIKSULAWESI.COM, KOTAMOBAGU — Gula merah merupakan bahan alami terbuat dari air nira yang tidak memiliki kandungan bahan kimia berbahaya. Justru, gula merah mengandung banyak mineral alami, seperti kalsium, iron, magnesium, potassium dan phosphorusMoyag, sehingga baik untuk kesehatan.

Di Kotamobagu sendiri, sentra penghasil gula merah terbesar berada di Desa Moyag, Kecamatan Kotamobagu Timur. Saat ini potensi desa tersebut dikembangkan melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) milik pemerintah setempat.

Sekretaris Desa (Sekdes) Moyag, Maskur Gumalangit, mengatakan, pemerintah desa akan terus memaksimalkan hasil produksi gula merah, sebagai usaha dalam mendorong perekonomian warga.

“Sebagai desa penghasil gula merah terbesar di Kotamobagu, tentunya banyak warga yang berprofesi sebagai pengrajin, untuk itu hasil produksi kita pasarkan lewat Bumdes dengan cara membeli hasil produksi gula merah mereka,” ucap Maskur, Rabu (27/11/2019).

Diketahui, Dalam pengembangan usaha ini sendiri lanjutnya, Ada sekira 15 pengrajin yang BUMDes beli hasil olahan gula merah, untuk kembali dijual. Tiap pengrajin bisa menghasilkan 30 sampai 40 buah setiap tiga hari pengolahan.

“Kita beli dari pengrajin harganya Rp10 ribu, per buah, untuk pemasarannya kita jual kembali seharga Rp12 ribu,” tuturnya.

(Kifly)

Leave A Reply

Your email address will not be published.