Labuan Uki Bakal Jadi KIK

0

DETIKSULAWESI.COM, BOLMONG — Wilayah Pelabuhan Labuan Uki, Kecamatan Lolak, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), bakal dijadikan Kawasan Industri Khusus (KIK).

Menurut Kasubdit Tatanan dan Perencanaan Pengembangan Pelabuhan Direktorat Kepalabuhanan Kementrian Perhubugan, Jumardi, saat rapat di ruang serbaguna Kantor Bupati Bolmong, Kamis (21/11/2019), mengatakan, salah satu syarat dalam pengembangan tersebut adalah peningkatan sarana dan prasarana di sektor Pelabuhanan.

“Ya, dasar pelaksanan pengembangan pelabuhan yaitu undang undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang pelayaran. Setiap pelabuhan wajib memiliki rencana induk pelabuhan,” ucap Jumardi.

Olehnya dia menyampaikan didalam pembahasan rencana induk pelabuhan, itu sangat penting dengan tujuan adalah sebagai acuan dalam pelaksanaan penanganan Pelabuhan Labuan Uki.

“Sehingga kegiatan pembangunan yang ada dapat optimal dalam pengoperasian pelabuhan serta menjamin keselamatan pelayaran,’ ujarnya.

Kepala Dinas Perhubungan Pemkab Bolmong, Zulfadhli Binol, menegaskan Pemerintah daerah sendiri sangat mendukung pengembangan Pelabuhan Labuan Uki sebagai upaya mendukung Bolmong sebagai daerah KIK.

“Pengembangan pelabuhan Labuan Uki telah masuk pada pembahasan laporan drafnya sudah final,” ucap Binol.

Dia menambakan, pihak Direktorat juga meminta Pemkab Bolmong dapat merencanakan jalan akses menuju ke pemukiman.

“Karena saat ini masyarakat setempat masih menggunakan daerah lingkungan kerja dari pada pelabuhan,” tuturnya.

Saat ini kata Binol, pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Bappeda dan Dinas Perhubungan Pemkab Bolmong, telah melakukan survei untuk jalan akses.

“Harapan saya, adanya dukungan dari seluruh masyarakat dan segenap stakeholder demi tercapainya KIK di Kecamatan Lolak Bolmong,” harapnya.

(matt)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.