Besok Tim Akreditasi Kemenkes RI akan Kunjungi Puskesmas Gogagoman

0

DETIKSULAWESI.COM, KOTAMOBAGU — Tim Surveyor Akreditasi Puskesmas dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI) rencanakan akan melakukan penilaian di Puskesmas Kelurahan Gogagoman  Kecamatan Kotamobagu Barat Kota Kotamobagu, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) pada Kamis (14/11/2019) besok.

Hal ini sebagaimana diungkapkan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kotamobagu, Ahmad Yani Umar, kepada awak media, Rabu (13/11/2019).

“Besok tim surveyor dari Kementerian Kesehatan akan melakukan akreditasi Puskesamas Gogagoman,” imbuh Yani.

Yani menyebutkan, pada tahun 2017 lalu dua  Puskesmas di Kotamobagu yakni Puskesmas Gogagoman dan Motoboi Kecil sudah terakrereditasi Madya dan kini ditargetkan naik Paripurna.

Dia juga menjelaskan yang menjadi indikator penilaian adalah Upaya Kesehayan Masyarakat (UKM) dan Upaya Kesehatan Perorangan (UKP).

“Jadi, penilaiannya bukan cuma terhadap masyarakat yang sakit tapi juga masyarakat yang sehat,” terangnya.

Lanjut Yani, tahun ini rencananya ada empat Puskesmas yang akan diakreditasi, dua Puskesmas re Akreditasi yaitu Puskesmas Gogagoman dan Puskesmas Motoboi Kecil, dan baru akan di akreditasi adalah Puskesmas Kotobangon dan Puskesmas Bilalang.

“Sedangkan Rumah Sakit akan diakreditasi pada bulan Desember, untuk penguatan kelas kemungkinan dari C naik ke C plus ataupun B,”

“Kenapa dituntut harus terakreditasi, karena jika tidak terakreditasi tidak ada kerjasama dgn BPJS. Itu aturannya BPJS,” tutupnya.

(Kifly)

Leave A Reply

Your email address will not be published.