Pelayanan Akta Dinas Dukcapil Tahun ini Meningkat

0

DETIKSULAWESI.COM, KOTAMOBAGU — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Kotamobagu hingga September 2019 ini sudah mengeluarkan sebanyak 12.894 Akta Kelahiran, 2.623 Akta Kematian, 447 Akta Nikah dan 80 Akta Cerai.

Angka ini berbeda dengan data pada tahun 2018 lalu yakni 10.672 Akta Kelahiran, 2.111 Akta Kematian, 348 Akta Nikah dan 53 Akta Cerai.

Dari data tersebut terjadi peningkatan di tahun 2019, dan data ini masih akan bertambah hingga Desember mendatang.

Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Pencatatan Sipil, Dinas Dukcapil Kota Kotamobagu Miska Mokodompis, mengatakan meningkatnya data di tahun ini dikarenakan Dinas Dukcapil melakukan jemput bola di Desa/Kelurahan, serta Rumah Sakit dan Puskesmas-Puskesmas.

“Seperti Akta Kelahiran, kita jemput bola di Rumah Sakit dan Puskesmas,” imbuh Miska saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (5/11/2019).

Begitu juga dengan Akta Kematian, kata Miska,  pihaknya akan mendapatkan informasi melalui group WhatsApp “Bobato Capil” dari Lurah dan Sangadi apabila ada masyarakat yang meninggal sehingga Dinas Dukcapil langsung mengeluarkan Akta Kematian tersebut.

“Bila ada peristiwa kematian, Lurah atau Sangadi tinggal mengirimkan data lewat group Bobato Capil, saat penguburan Aktanya langsung diserahkan,” terangnya.

(Kifly)

Leave A Reply

Your email address will not be published.