Mentan SYL Beri Perhatian Khusus di Bidang Pertanian

0

DETIKSULAWESI.COM, KONSEL – Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke- 39, yang dilaksanakan di desa Puudambu, kecamatan Angatan, Sulawesi tenggara, diharapkan dapat meningkatkan sumber daya, dengan memberikan perhatian terhadap potensi dibidang pertanian.

Dihadapan awak media, Menteri Pertanian, yang juga mantan Gubernur Sulawesi dua periode Syahrul Yasin Limpo (SYL), mengungkapkan, peningkatan potensi pertanian dapat dilakukan, baik itu holtikuktura, persediaan bahan pangan termasuk bidang perkebunan dan peternakan.

“Itu bisa dilakukan, untuk memberi contoh kepada rakyat lebih khusus membuatkan family farming. Family farming itu disekitar rumah, apotik hidup, ada sayur-sayuran, ada ikan, ada ternak semua bisa dilakukan seperti itu,” ujarnya Sabtu (2/11/2019) usai menghadiri peringatan HPS.

Jadi kata SYL, hal ini bisa membuka wawasan pertanian kita. Pertanian sesungguhnya sangat menjanjikan untuk dilakukan lebih baik.

Secara nasional, dirinya berharap ini menjadi konsolidasi emosional, hati para pemangku negara, para pejabat negara dari kementerian harus bersatu mendorong pertanian.

“Para gubernur harus bertanggung jawab, para bupati juga seperti itu kita bagi-bagi tanggung jawab. Kepala desa tanggung jawabnya apa begitu juga dengan camat,” lanjut SYL.

“Kami dari kementerian akan memainkan, memfasilitasi seperti apa fungsi yang bisa dilakukan,” imbuhnya.

Tentunya saja, dikatakan SYL, hal ini bisa bergerak jika kelompok tani, kontak tani penguatan kelompok usaha tani bergerak mengambil bagian.

“Saya berharap dengan kegiatan Hari Pangan Sedunia ini dapat mendorong untuk ketahanan pangan kita, karena pangan ini sangat penting untuk kelangsungan kehidupan kita. Dan masalah ketahanan pangan merupakan kewajiban negara yang harus di dukung oleh semua pihak,” jelasnya.

(Edison)

Leave A Reply

Your email address will not be published.