85 Warga Desa Bulawan Dapat Sertifikat Gratis dari BPN Boltim

0

DETIKSULAWESI.COM, BOLTIM — Sedikitnya 85 warga Desa Bulawan, Kecamatan Kotabunan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menerima sertifikat gratis dari Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Kepala Seksi Hubungan Hukum, BPN Boltim, Vonny Posumah mengatakan pemberian sertifikat gratis merupakan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

“PTSL merupakan program Pemerintah Pusat di daerah,” imbuh Vony Posumah, Kamis (31/10/2019).

Kata Vonny, dengan adanya Program PTSL, BPN melakukan jemput bola langsung ke warga untuk memudahkan masyarakat yang ingin membuat dan mendapatkan sertifikat hak milik tanah.

Berbeda dengan pelayanan sertifikat, masyarakat datang langsung di kantor BPN, seperti pengurusan sertifikat atau untuk pemisahan sertifikat, pelayanannya ke BPN Boltim.

“Sertifikat gratis ini untuk kalangan masyarakat menengah kebawah,” tambah Vonny yang di dampingi Sangadi Bulawan, Eman Lendongan.

Selain 85 sertifikat yang sudah diberikan kepada warga Bulawan, masih ada 30 warga nelayan yang masih menunggu untuk kelengkapan berkas.

“Alhamdulillah hari ini sertifikat gratis sudah diserahkan kepada masyarakat, totalnya ada 115 sertifikat,” ujar Sangadi Bulawan, Eman Lendongan.

Kata Eman, proses pembuatan sertifikat terbilang tidak lama, hanya memakan waktu sebulan.

Antusias masyakarat Desa Bulawan saat menerima sertifikat begitu bersemangat dan senang bisa mendapatkan sertifikat gratis.

(Parz)

Leave A Reply

Your email address will not be published.