Kemenkeu RI Beri Insentif Sembilan Desa di Boltim

0

DETIKSULAWESI.COM, BOLTIM — Sedikitnya 9 (Sembilan) Desa di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), mendapat dana insentif dari Kementrian Keuangan (Kemenkeu) RI, di tahun anggaran 2020.

Kepala Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa (DPMD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boltim, Uyun K Pangalima, melalui Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa (Pemdes) dan Kelembagaan, Fitra Damopolii, Kamis (17/10/2019), mengatakan dana insentif ini diberikan kepada perangkat Desa, atas pencapaian kinerja terbaik dalam pengelolaan keuangan desa.

“Iya benar, ada sembilan Desa yang dapat dana insentif untuk aparat di Desa,” ujar Fitra Damopolii.

Lanjut Fitra, perhitungan alokasi kinerja perangkat desa tiap daerah langsung dinilai dari kementrian keuangan.

“Bobot penilaiannya berbeda-beda, pengelolaan keuangan dana desa bobot 20 persen, pengolahan dana desa bobot 20 persen, capaian keluaran dana desa bobot 25 persen dan capaian hasil pembangunan desa bobot 35 persen,” jelas Fitra.

Fitra menambahkan, dana insentif yang dikucurkan pihak Kemenkeu RI sebesar Rp1.296.864.000, masing-masing desa menerima Rp144.096.000.

“Dananya akan masuk ke masing-masing rekening 9 Desa penerima, dan itu untuk perangkat Desa, insentifnya selama setahun,” kata Fitra.

Sangadi (Kades), Desa Bulawan Induk, Eman Lendongan, satu dari sembilan penerima insentif dari kemenkeu, mengaku belum mengetahui adanya tunjangan dari kementrian keuangan.

“Saya baru dapat kabar ini dari wartawan, syukurlah kalau Desa Bulawan induk dapat insentif,” ujar Eman Lendongan.

Eman yang juga terpilih menjadi ketua forum sangadi dan aparat desa se Boltim, mengatakan, ini bentuk kerja keras pemerintah Desa Bulawan.

“Kita harus bersyukur, dengan adanya insentif ini, artinya ada peningkatan, kapasitas dan kemampuan Sangadi dan perangkat di Desa bulawan,” ujarnya.

Selain Desa Bulawan Induk, di Kecamatan Kotabunan ada empat Desa lagi yaitu Desa Bulawan Satu, Desa Paret, Desa Buyat II, dan Desa Buyat Selatan.

Kecamatan Tutuyan, Motongkad, Modayag dan Modayag Barat masing-masing kebagian hanya satu Desa yaitu, Tutuyan III, Desa Motongkad Tengah, Desa Candi Rejo dan Desa Bongkudai.

(Parz)

Leave A Reply

Your email address will not be published.