Camat Baito Imbau Warga Hindari Pembakaran Hutan Secara Liar

0

DETIKSULAWESI.COM, KONSEL — Menyusul musim kemarau berkepanjangan, Pemerintah Kecamatan , Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), mengimbau warganya hindari untuk tidak melakukan pembakaran hutan secara liar, terlebih untuk membuka lahan baru.

“Jika membuka lahan baru, usahakan kita hindari pembakaran hutan, karena dampaknya akan kepada kita sendiri,” kata Camat Baito, Heryianto Liambo SP, kepada www.detiksulawesi.com, Kamis (10/10/2019).

Terlebih lagi pembakaran hutan para pelaku pembalakan liar. Biasanya pelaku pembalakan liar, mereka tidak bertanggugjawab, ketika kebakaran hutan meluas.

“Kita sudah berkoordinasi dengan pihak Kapospol Baito atas nama Kapolsek Palangga, mengimbau supaya mereka tidak sampai membakar hutan. Kalaupun itu sampai membakar usahakan untuk tidak sampai menyebar ke lingkungan sekitarnya,” imbaunya.

Hariyanto juga mengatakan, banyak hal yang dapat dilakukan untuk menghindari upaya dari kebakaran hutan. Dan diminta kepada masyarakat, untuk segera melaporkan jika ada oknum-oknum tertentu yang dengan sengaja melakukan pembakaran hutan.

“Kalau memang ada cepat laporkan, dan kita akan megambil tindakan berupa turu langsung kelapangan melihat keadaan situasinya dan melakukan pencegahan sebelum meluas,” ujarnya.

Olehnya Hariyanto berharap agar kebakaran hutan secara liar tidak lagi terjadi, kalau pun ingin membakar diusahakan untuk melihat kondisi sekitar,” tuturnya.

(Edison)

Leave A Reply

Your email address will not be published.