280 Mahasiswa Akhir Studi Boltim Terima Beasiswa Anak Asuh

0

DETIKSULAWESI.COM, BOLTIM — Tak kurang dari 280 mahasiswa asal Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), terima bantuan beasiswa anak asuh. Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa selama menjadi anak Asuh lima tahun lamanya.

Kepala DPKAD Pemkab Boltim, Oskar Manoppo, melalui Bendahara Satuan Kerja Pengelolaan Keuangan Daerah Boltim, Amna Kadengkang, mangatakan, awalnya bantuan beasiswa ini diperuntuhkan kepada mahasiswa akhir studi, namun sekarang beasiswa anak asuh hingga sarjana. Penerimaan per mahasiswa Rp5 juta.

Program ini diberikan kepada seluruh mahasiswa Boltim. Tahun 2019 jumlah penerima 500 mahasiswa, tahun depan bakal diperbanyak lagi menjadi 1.000 mahasiswa.

“Sampai saat ini tertanggal 7 Oktober, Pemerintah Boltim sudah mengeluarkan dana untuk 280 mahasiswa sebesar 1,4 Miliar,” ujar Amna Kadengkang, Kamis (10/10/2019).

Kata dia, kelengkapan administrasi seperti surat keterangan aktif kuliah terpadu, Kartu Rencana Studi (KRS), Kartu Hasil Studi (KHS), surat keterangan tidak menerima beasiswa bidik misi dari kampus, rekening bank aktif dan permohonan beasiswa ke pemerintah daerah.

“Kita masih menunggu teman-teman mahasiswa dalam melengkapi berkas pencairan,” jelas Amna.

Selain bantuan sosial organisasi kemasyarakatan yang diperuntuhkan 500 mahasiswa, Kata dia pemerintah juga memberikan bantuan sosial kepada orang tua lanjut usia (Lansia) dengan total pagu anggaran Rp.5 miliar.

“Perlu ada perhatian dari pemerintah desa agar bisa mengawal para lansia dalam pengurusan berkas dan rekening bank. Sudah 1.680 yang memasukkan berkas, target dari pemerintah 2.500 Lansia,” terangnya.

Sebelumnya, Bupati Sehan Landjar mengatakan adanya program anak asuh, dalam rangka pengembangan sumber daya manusia (SDM) di Boltim, sehingga itu bisa meningkat, dari tahun ke tahun.

“Nantinya ke depan Pemerintah daerah bakal membangun universitas. Tujuannya agar anak Boltim, tidak lagi bersekolah di luar daerah dan SDM lebih baik,” kata Sehan.

(Parz)

Leave A Reply

Your email address will not be published.