DPMPTSP Boltim Siap Promosikan Kekayaan SDA

Saparudin: Untuk Peningkatan PAD

0

DETIKSULAWESI.COM, BOLTIM — Kekayaan Sumber Daya Alam (SDA), merupakan sebuah modal investasi bagi daerah, terlebih di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Boltim, mulai penyusunanan kajian terkait potensi SDA untuk dipromisikan ke publik luas.

Kepala DPMPTSP Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boltim, Saparudin Mokoagow, Sabtu (05/10/2019), kepada detiksulawesi.com, mengatakan, pihaknya saat ini tengah menusun kajian berbagai potensi SDA yang nantinya akan menunjang serta peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), satu diantaranya kawasan atau lokasi pariwisata.

“Kami sedang melakukan penyusunan kajian potensi desa. Bahkan digelarnya diskusi bersama pemerintah wilayah kecamatan dan desa dengan melibatkan instansi terkait,” kata Saparudin.

Dikatakan Saparudin, penyusunan kajian perencanaan desa potensi wisata sangat diperlukan. Dan ini ada kaitannya dengan invesatasi.

“Dalam program ini, kita akan melihat semua potensi yang ada di desa lewat sebuah diskusi,” ujarnya.

Perlu diketahui kata Saparudin Desa potensi investasi merupakan objek serta sasaran para ivestor untuk mengembangka usahanya. Nah di Kabupaten Boltim, terdapat beberapa desa yang kaya akan SDA, seperti pariwisata, Perikanan, Pertanian, Perkebunan, Perdaganan serta Pertambangan.

“Nantinya ini akan dimuat dalam satu dokumen Rencana Umum Penanaman Modal (RUPM),” imbuhnya.

Dikatakan Saparudin, DPMPTSP bertugas mempromosikan potensi-potensi yang akan mendatangkan keuntungan bagi daerah. Olehnya istansi atau dinas teknis terkait harus menyediakan sarananya.

“Apabila semuanya telah rampung, barulah kita buat bukunya, lalu kita pamerkan untuk dipromosi. Dengan demikian para investor akan tertarik dengan SDA Kabupaten Boltim, untuk pengembangan usaha,” ujarnya.

(Parz)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.