Antisipasi Kekeringan Lahan Distanak Boltim Siapkan Alat Pompa Air

“Saat ini kami sudah sediakan enam mesin pompa air untuk dipinjamkan secara gratis bagi yang membutuhkan, supaya petani bisa memanfaatkan dalam hal ini menyedot air, dibeberapa sumber air dekat lahan perkebunan baik itu di sungai maupun rawa,”

0

DETIKSULAWESI.COM, BOLTIM — Guna mengantisipasi gagal panen akibat musim kemarau panjang, khususnya lahan sawah dan pertanian lainnya, pihak Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), siapkan alat berupa mesin pompa air untuk warga petani.Distanak

Kepala Distanak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boltim, Ir Setiono, Selasa (24/09/2019), mengatakan, satu-satunya cara untuk membantu petani yang sawahnya mengalami kekeringan adalah menyiapkan alsintan berupa mesin pompa air.

“Saat ini kami sudah sediakan enam mesin pompa air untuk dipinjamkan secara gratis bagi yang membutuhkan, supaya petani bisa memanfaatkan dalam hal ini menyedot air, dibeberapa sumber air dekat lahan perkebunan baik itu di sungai maupun rawa,” tutur Setiono.

Dia mengimbau secara keseluruhan bahwa bantuan pertanian dari pemerintah sudah sangat banyak. Untuk itu, harus dimanfaatkan dan dipelihara dengan baik.

“Mengingat beberapa bulan lalu (Juli, red), kita sudah salurkan benih, seperti tanaman padi sawah dan jagung untuk warga agar ditanami dan dipelihara dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Olehnya, mengingat Hari Tani Nasional, tanggal 24 September, sebagai hari tani nasional. Instansi yang menangani masalah pertanian ini, mengucapkan Selamat Hari Tani nasional terutama oleh para petani diseluruh Indonesia. “Selamat hari tani nasional,”  ucapnya.

(Parz)

Leave A Reply

Your email address will not be published.