Bupati Sehan Landjar Pemateri Orientasi Anggota DPRD Boltim

0

DETIKSULAWESI.COM, MANADO — Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sehan S Landjar SH, selaku pemateri orientasi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Boltim, periode 2019-2024, Sabtu (21/09/2019), bertempat di Hotel Swissbel Maleosan Manado.

Pembukaan orientasi tersebut Guberur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), diwakili sekretaris Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pemerintah Provinsi (Pemprov), DR Paulus Tamaka.

Sekertaris DPRD Boltim, Priyamos SH MM, juga satu diantara pemateri turut hadir dalam pembukaan penyelenggaraan orentasi dihadapan 20 anggota DPRD Boltim, yang diselenggarakan selama lima hari. Kegiatan ini juga dirangkaian tanya jawab antara Legislatif dan Eksekutif.

Anggota DPRD foto bersama Bupati Boltim Sehan Landjar dan Sekwan Priyamos SH.

Dalam sambutan Bupati Sehan S Landjar SH, mengatakan DPRD Boltim, harus berani bicara kalau benar katakan benar dan anggota DPRD harus punya percaya diri dalam mengambil jabatan saat penepatan Komisi serta secepatnya dalam penyusunan Alat Kelengkapan Dewan (AKD).

Ditambahkan Landjar, seorang kepala daerah, dalam hal ini Bupati/Walikota, tidak dapat mengesahkan tanpa persetujuan dari Anggota DPRD.

“Ini pembicaraan dua lembaga yang bermitra berkedudukan dan bertanggung jawab yang sama dapat melaksanakan dengan baik, sehingga DPRD dapat memberikan dorongan Kepada eksekutif,” ujar Sehan Landjar.

Anggota DPRD Boltim, Argo Sumayku dari Partai Demokrat, mengkritisi jadwal yang ada, kerena materi masih kurang, yakni fungsi DPRD kerena narasumber memberikan materi tidak sebaiknya narasumber harus punya kopeten sesuai bidang.

Ketua DPRD Boltim Fuad Landjar SH, mengatakan hubungan antara eksekutif dan legislatif, lebih harmonis lagi. bahkan apresiasi untuk Bupati Sehan Landjar.

“Nantinya kita bersama-sama akan turun ke lapangan dalam mengawasi jalannya pemerintahan,” kata Fuad.

(Herman)

Leave A Reply

Your email address will not be published.